MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PASCA BENCANA GEMPA BUMI
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.3724Keywords:
Motivasi Belajar, Metode Eksperimen, Bencana Gempa BumiAbstract
Permasalahan yang muncul di salah satu taman kanak-kanak di Cianjur adalah terdapat beberapa anak yang motivasi belajarnya sangat kurang dikarenakan dampak dari bencana alam yaitu gempa bumi. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan motivasi dengan metode pemebalajaran eksperimen pasca gempa bumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara kepada anak kelompok A, dua pendidik, kepala sekolah serta orang tua sebagai subjek penelitian. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan analisis data kualitataif. Hasil penilaian menunjukan bahwa dengan metode pembelajaran eksperimen sederhana pada semester satu tahun 2022/2023 guru membimbing dan mengajarkan kegiatan eksperimen sederhana sesuai dengan tema, hasil tingkat pencapaian motivasi belajar anak melalui metode eksperimen dinyatakan bahwa dari sepuluh anak yang diteliti delapan anak berkembang sangat baik (BSB) dari tiga indikator yang diteliti sedangkan dua anak dalam indikator terakhir menunjukkan berkembang sesuai harapan (BSH).References
Agus Suprijono. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)
Cannady, M. A., Vincent-Ruz. P., Chung, J.M., & Schunn, C. D. (2019). Scientific sensemaking supports science content learning across disciplines and instructional contexts. Contemporery Educational Psycology, 59, 101802. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101802
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan, Perencanaa, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif (Edisi Kelima). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hal.1
Hasan, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta:DIVA Press
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102-119
Moleong, L., J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munir, M. (2003). Geologi Lingkungan. Malang: Bayu Media Publishing.
Musfiroh. (2008) Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang: Universitas Terbuka
Mustika, Y., & Nurwidaningsih. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak USia Dini. Vol 2 (1) 94-101
Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar Peserta Didik pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Rohmalina, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Pembelajaran Tematik Dengan Metode Eksperimen Bercocok Tanam Di Kelompok B. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4), 115-121
Ruff, L. J. (2002). State of Stress within the Earth. International Handbook of Earthquake & Engineering Seismology, Part A, 539-558.
Sardiman A.M, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007)
Sujiono, (2014). Kemampuan kognitif anak usia dini. Retrieved May 12, 2020 from : http://repository.ut.ac.id/4687/
Sujiono, Y. N. (2013).Metode Penlitian. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
suryaningsih, A., Rimpiati, N, L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approch in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak usia Dini. Vol 2 (@) 194-201 DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.90
Waluyo Adi, dkk, Pendidikan Penitipan Anak/Kelompok Bermain, (Yogyakarta: FIP UNY, 2007)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heni Nafiqoh, Fanny Khotimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.