Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1487Abstract
Kegiatan penelitian mengenai kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka jari dapat memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik, membangkitkan semangat dan menumbuhkan  perasaan  senang  dalam mendengarkan cerita dari guru, serta dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak. Penerapan metode bercerita dengan media boneka jari merupakan salah satu cara atau tindakan yang diusahakan  dalam  proses  pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak. Dengan menggunakan Metode dan media pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan minat anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga kemampuan yang diharapkan dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan study kasus. Data penelitian dilakukan dengan cara. Observasi dan wawancara, ternyata hasilnya anak-anak mengalami perkembangan dan peningkatan yang sangat bagus. Selain itu penggunaan media boneka jari Ternayata sangat menarik perhatian anak-anak dan Boneka jari adalah mainan edukatif yang memberikan manfaat luar biasa bagi para guru di sekolah. Boneka Jari merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan mendongeng dan bercerita. Sangat cocok dimainkan oleh guru dengan anak didik dalam kegiatan belajar. Manfaat lainnya dari boneka jari adalah mengembangkan kemampuan kognitif dan motorik halus anak.ÂReferences
Djuko, Rapi Us. 2013. “Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Di Paud Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan
Sipatana Kota Gorontaloâ€.
Ejournal FIP UNG, Volume 04, No 01 (hlm.671-681).
Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Yosastra, Oki, dkk. (2013). “Efektifitas Permainan Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Anak Tunagrahita Xâ€.E-Jupekhu
Volume 2, Edisi khusus (hlm.671-681) Ghony,M Djunaidi & Almansur, Fauzan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo.