PENERAPAN MODEL MAPPING ACTIVITY (MA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v3i2.p178%20-%20189Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses
pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan model Mapping Acivity (MA)? 2)
Bagaimanakah hasil pembelajaran membaca pemahaman setelah menggunakan model
Mapping Acivity (MA)? 3) Apakah model Mapping Acivity (MA) efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman? Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan
rumus Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, rumus varian untuk menguji homogenitas
data, dan rumus uji t untuk membuktikan hipotesis. Adapun hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima. Oleh karena itu, model Mapping Activity
(MA) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X
Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 3 Bandung. Penelitian tentang penggunaan model
Mapping Activity dalam pembelajaran membaca pemahaman menambah variasi cara
mengajar yang dilakukan oleh guru. Guru dapat lebih kreatif dalam menerapkan pembelajaran
membaca yang sering dianggap membosankan oleh siswa. Selain itu, kegiatan mapping dapat
melatih kemampuan otak kanan siswa sehingga ingatan akan lebih panjang.
Kata kunci: pembelajaran, mapping activity, peningkatan, membaca pemahaman