PENERAPAN MODEL MAPPING ACTIVITY (MA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v3i2.p178%20-%20189Abstrak
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan model Mapping Acivity (MA)? 2)Bagaimanakah hasil pembelajaran membaca pemahaman setelah menggunakan modelMapping Acivity (MA)? 3) Apakah model Mapping Acivity (MA) efektif dalam meningkatkankemampuan membaca pemahaman? Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakanrumus Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, rumus varian untuk menguji homogenitasdata, dan rumus uji t untuk membuktikan hipotesis. Adapun hasil pengujian hipotesismenunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima. Oleh karena itu, model Mapping Activity(MA) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XAdministrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 3 Bandung. Penelitian tentang penggunaan modelMapping Activity dalam pembelajaran membaca pemahaman menambah variasi caramengajar yang dilakukan oleh guru. Guru dapat lebih kreatif dalam menerapkan pembelajaranmembaca yang sering dianggap membosankan oleh siswa. Selain itu, kegiatan mapping dapatmelatih kemampuan otak kanan siswa sehingga ingatan akan lebih panjang.Kata kunci: pembelajaran, mapping activity, peningkatan, membaca pemahaman##submission.downloads##
Diterbitkan
2017-08-17
Terbitan
Bagian
Artikel