PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS APLIKASI ANDROID G-TEKS PRO (GENRE TEKS PROSEDUR)
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v10i2.p177-190Keywords:
Teaching Material, Media, Procedure TextAbstract
In the industrial revolution 4.0, learners were a generation very close to the technology touch. Thus, teachers can not only rely on environmentally based media but also be able to use technology-based media that is both attractive, creative and innovative to achieve learning competence. The purpose of this study is to develop the teaching material for writing the procedure text using a media application called G-Teks Pro (Genre Teks Prosedur) using the research and development method. The application development model is ADDIE (design, development, development, development, development). The study population was SMPN 216 Jakarta class vii of 34 people. Data retrieval comes from observation, interview, and angket. The analysis used is qualitative and quantitative. After research, the pro-text android application was successfully developed and therefore flexible access. Furthermore, the quality of the application is rated highly appropriate/excellent according to the validator average value, which is 85.59%. Each rating is media expert 83.77%, materials expert 85.00%, and Indonesian teacher 88.00%. Later, the student merepons application at trial by giving an excellent assessment of 87.24%. Hence, G-Teks Pro applications imper on learning that can be used as teaching materials and thus improve writing skills, especially of the procedure text.References
Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695-701.
Aristiana, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Bermuatan Cinta Lingkungan dengan Pendekatan Saintifik bagi Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Diantari, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran online app builder “Appypie†pada pemasaran online menggunakan media sosial kelas xi bdp di SMKN 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 7 (2), 461-467.
Harsiati, T., Trianto. A., Kosasih. E. (2016). Bahasa Indonesia SMP kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartanto. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Android pada Konsep Dinamika Newton untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ismiyah, K. (2018). Generasi milenial dan revolusi industri 4.0. Madura: IAIN Madura. retrieved from https://www.researchgate.net/publication/329388306
Maulana, L. M. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan platform android materi keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH) pada program studi ketenagalistrikan untuk siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(2).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rahmat, H. K. (2019). Mobile learning berbasis appypie sebagai inovasi media pendidikan untuk digital natives dalam perspektif Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). 33-50.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model ADDIE dan implementasinya dengan teknik jigsawâ€, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Sari, P. R., Djaja, S., & Kantun, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan sistem appy pie pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa untuk kelas XI IPS di SMA negeri 2 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 91-97.
Sobandi. (2016). Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyati, A. (2018). Peningkatan minat belajar siswa terhadap pembelajaran animasi 2D melalui media berbasis android Appy Pie di sekolah menengah kejuruan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 180-189.
Yanti, N. S., & Huda, Y. (2020). Analisis tingkat kelayakan aplikasi android “appypie†sebagai media pembelajaran. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 8(4), 114-120.