PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Leuwigoong Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2006-2007)

Penulis

  • M. Dudung Jamiat Dosen STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25p

Kata Kunci:

Berbicara, Mind Mapping

Abstrak

Keterampilan berbicara merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan manusia dalam berkomunikasi. Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa di sekolah, merupakan satu tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Dalam realitas pembelajaran, keterampilan berbicara ini sering kali terabaikan. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab hasil pembelajaran keterampilan berbicara hingga kini masih jauh dari harapan. Berkaitan dengan hal itu penulis tertarik untuk mengujicobakan suatu teknik berbicara khususnya dalam kaitan dengan menceritakan kembali isi sebuah cerita yaitu dengan teknik peta pikiran.

Referensi

Ambary, Abdullah. (1983). Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Jatnika.

Aminuddin. (1995). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2001). Quantum Learning. Bandung: Mizan Media Utama.

De Porter, Bobbi dkk. (2000). Quantum Teaching. Bandung: Mizan Media Utama.

Husen. H. Akhlan. (1996). Perencanaan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Maidar, G.A (1986). (1984). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Mulyadiana. (2000). Seni Mengukir Kata. Bandung: MLC.

Rakhmat, Jalaludin. (2001). Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmanto, B dan P. Hariyanto. (1997). Cerita Rekaan dan Drama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. (2002). Accelerated Learning for 21st Century. Bandung: Nuansa.

Sarani. (2001). Efektivitas Pendekatan Kooperatif Tipe Talking Chips dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VII SMP. Bandung. Skripsi UPI Bandung.

Suhendar, Supinah. (1992). MKDU Bahasa Indonesia, Pengajaran dan Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis. Bandung: Pionir Jaya.

Tarigan, H.G. (1981). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago. (1996). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H.G. dan Djago, Tarigan. (1986). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. dkk. (1998). Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-11-07