KREATIVITAS MAHASISWA DALAM KEGIATAN PEMBINAAN BAHASA KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR DI CIANJUR

Penulis

  • Siti Maryam Universitas Suryakancana Cianjur
  • Aan Hasanah Universitas Suryakancana Cianjur

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p1-10

Kata Kunci:

language guidance, creativity, language use

Abstrak

  Abstract On thecondition that many problems found in language use, particularly in mass media, an early age language guidance is essentially endeavored, which is in elementary school stage. Therefore, students of Indonesian Language and Literature Education Study Program, as one component of language development, were given an opportunity to participate in solving that problem. The aims of this study is to discover students’ creativity in implementing language guidance in elementary school. Through mentoring program, they did the planning, implementing, and evaluating the language guidance in group. Descriptive research method used in this study. Observation technique, test, and questionnaire were implemented to examine students’creativity. The data was collected as video recording, media, method, and written report of guidance result. The outcome shows that students’ creativity in implementing language guidance in  elementary school was included in creative category, hence, the program of language guidance on this stage is able to be continued so that Indonesian language can be used in proper way.   Abstrak  Dengan banyaknya permasalahan dalam penggunaan bahasa, terutama di media massa, maka diupayakan perlunya pembinaan bahasa sejak dini, yakni di sekolah dasar (SD). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai salah satu komponen pembina bahasa diberi kesempatan untuk berperan serta dalam mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas mahasiswa yang diimplementasikan dalam kegiatan pembinaan bahasa di  SD. Melalui program pendampingan, mahasiswa merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembinaan bahasa yang dilakukannya secara berkelompok. Metode penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik observasi, tes, dan kuesioner digunakan untuk mengetahui kreativitas mahasiswa tersebut. Data penelitian ini berupa video rekaman kegiatan, media dan metode yang digunakan, dan laporan tertulis hasil pembinaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa dalam melakukan pembinaan bahasa di SD termasuk kategori kreatif, sehingga program pembinaan bahasa di tingkatan ini dapat diteruskan untuk mewujudkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Biografi Penulis

Siti Maryam, Universitas Suryakancana Cianjur

PBSI Universitas Suryakancana Cianjur

Aan Hasanah, Universitas Suryakancana Cianjur

PBSI Universitas Suryakancana Cianjur

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfiati, Alfiati. (2007). Santun berbahasa. Dewan Bahasa Dan Pustaka, 2(1), 90. https://doi.org/10.1097/INF.0000000000001126

Anggraeni, Apriani, P. (2018). Pengaruh Tayangan Upin dan Ipin terhadap Gaya Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Semantik, 7(1), 99–106.

Apriani, N. M. (2019). Meningkatkan Kreativitas Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 6(2), 99–106.

Budhiono, R. H. (2017). Keberhasilgunaan Penyuluhan Bahasa Indonesia. Suarbetang, Vol.12(1), 83–91.

Csikszentmihalyi, M. (1997). Creativity. Harper Collins Publishers.

Fatmawati, N. (2017). Peningkatan Kreativitas, Efektivitas, dan Minat Siswa dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 1(1).

Helti, Y. (2016). Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak SD dalam Berkomunikasi. Jurnal Cerdas Proklamator, 4(1), 1–31.

Maryam, S. (2007). Pengembangan Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai. I(2), 103–115.

Moeliono, A. M. (1985). Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Penerbit Djambatan.

Sauri, S. (2006). Pendidikan Bahasa Santun. PT Genesindo.

Suryani, I. (2012). Kualitas personal dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sebagai agen pembaharuan pendidikan dalam pembelajaran menulis. Pena, 2(2).

Sutra Ayu, Mirdawana, M. N. D. (2014). Representasi Maksim PKS dalam Tuturan Interaksi Pembelajaran BI di Kelas XI SMA 1 Keera Kabupaten Wajo. Program Kreativitas Mahasiswa - Penelitian e-Proceedings PKM - P, 1–9.

Syamsuddin, S. A., & Damaianti, V. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Program Pascasarjana dan PT Remaja Rosda Karya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-09