PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS PIDATO SISWA SMA

Penulis

  • Yesi Maylani Kartiwi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v9i1.p27-34

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia

Abstrak

Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang kompleks, yang menuntut sejumlah pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di salah satu SMA saat ini kemampuan menulis masih rendah, karena kemampuan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan. Salah satu kemampuan menulis yang harus dikuasai siswa adalah menyusun teks pidato. Rendahnya siswa menulis teks pidato adalah kurangnya kebahasaan yang dimiliki, kurang mampunya menemukan bahan tulisan, dan kurang motivasi dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran menyusun teks pidato menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X, 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menyusun teks pidato menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X, dan 3. Apakah terdapat perbedaan hasil kemampuan menyusun teks pidato pada siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test design. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest kelas ekperimen 54,42 dan kelas kontrol 48,76, kemudian hasil uji T pretest diperoleh sig. 0,109. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 80,60 sedangkan pada  kelas kontrol sebesar 69,86, kemudian perhitungan MannWhitney pada posttest diperoleh hasil 0,0245. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks pidato menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan pembelajaran siswa daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.Kata kunci : Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Menulis Teks Pidato

Referensi

Ahmadi, Y. (2018, February). Pembelajaran Wacana Sebagai Landasan dalam Berliterasi Sastra untuk Meningkatkan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 1, No. 1).

Aji, W. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dengan metode inquirydiscovery learning dan penggunaan media video pada siswa kelas vii g smp negeri 3 colomadu. Jurnal Magistra. Vol. 95, hlm. 34-42. ISSN 0215-9511.

Al-Tabany, T, I, B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Heriawan, A. (2014). Metodologi pembelajaran. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Iskandarwassid & Dadang, S. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nur’aini, H, I, M. dkk. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks eksposisi (sudi kasus di kelas x smk negeri 1 karanganyar). Jurnal BASASTRA. Vol. 3 (3), hlm. 1-17. ISSN I2302-6405.

Priyatni, T. E. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-03