MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI

Penulis

  • Teti Sobari STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v2i1.p94-106

Kata Kunci:

jigsaw, kooperatif, puisi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peningkatan kemampuan menulis  karangan argumentasi siswa SMK. Menulis merupakan aktivitas yang membutuhkan aktivitas dan kreativitas berfikir. Model yang dapat menumbuhkan aktivitas dan kreativias berfikir adalah metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik jigsaw adalah suatu teknik pembelajaran yang menekankan pada aspek kerjasama dengan pola belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang yang anggotanya dipilih secara heterogen. Siswa bekerja sama saling ketergantungan secara positif dan bertanggung jawab secara mandiri.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan ujicoba metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis paragraf pada karangan argumentasi.Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Model ini juga dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa SMK

Referensi

Achyar,dkk.1998. Cooperative Learning Strategies in The Teaching of General Science at Lower Secondary Level.Bandung. PPPGT

Arend, R.I. 1997. Classroom Instructional and Management. New York: Mc. Graw Hill

Berg, Euwe Van Den (Ed).1991. Salah konsep Fisika dan Remidiasi. UKSW: Salatiga

Fraenkel, J. R. dan Wallen, N. E. 1990. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc Graw-Hill Publishing Company.

Keraf, G. 2001. Komposisi. Ende Flores : Nusa Indah

Paul, S. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius

Lasmawan, Wayan. 1997. Pengembangan Model Belajar Cooperatif Learning

Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah dasar (SD) Studi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Di Kota Bangli Provinsi Bali. Tesis. PPS IKIP Bandung Laundgren, L. 1995. Cooperative Learning in The Science Classroom Glencoe New York: Mc. Graw Hill

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Universitas Kristen Petra Surabaya. Surabaya.

Ratna, W.D. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Rusyana, Yus. 1986. Materi Pokok Keterampilan Menulis. Jakarta : Karunika UT

Slavin, Robert. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. Massachusetts, USA : Allyn & Bacon

Stahl, R.J. 1994. Cooperative Learning and Social Studies. Hanbook for Teacher. USA : Kane Publishing Service. Inc

Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius

Widada, P. 1999. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMUyang Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tesis. IKIP Surabaya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-02-01