KONSEP LITERASI DALAM TELAAH SIBI 2016: SEBUAH KAJIAN INTERTEKS TAHAP AWAL
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p37-45Abstrak
SIBI 2016 merupakan ajang pertukaran pikiran para peneliti dan peminat bahasa ibu, berikut sastra dan budaya lokal yang diselenggarakan pada setiap dua tahun oleh Balai Bahasa Jawa Barat. 49 pemakalah pada kajian sastra dari sekitar 200-an pemakalah secara keseluruhan, turut meramaikan perhelatan ilmiah tersebut. Dari pengamatan pada buku kumpulan makalah tersebut, sebagian besar mengangkat tema tentang peran dan kaitan sastra dengan konsep literasi. Makalah ini ditulis berdasarkan pada hasil pengamatan terhadap makalah-makalah sastra tersebut. Pengamatan tersebut dilakukan dengan pendekatan konsep analisis wacana kritis. Metode penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif komparatif, yaitu menjabarkan setiap poin penting dalam korpus penelitian dan pandangan penulisnya terhadap isu dalam dunia sastra dengan konsep literasi. Data yang diperoleh lalu dibandingkan dan dituangkan ke dalam bentuk sebuah makalah. Hipotesis yang diperoleh dari pengamatan tersebut, antara lain, sastra—terutama sastra lokal—memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan program literasi, banyaknya kearifan lokal yang perlu diketahui dan dihayati oleh generasi muda agar mengenali budaya lokal serta jati diri, pelestarian sastra lokal dalam program literasi perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dalam program tersebut, serta memperluas wawasan terhadap isu dalam penelitian sastra dan budaya.##submission.downloads##
Diterbitkan
2017-02-01
Terbitan
Bagian
Artikel