ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PROSES MELALUI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p221-232Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya BelajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran diferensiasi proses melalui gaya belajar siswa dilaksanakan pada materi menulis teks laporan hasil observasi. Guna mengetahui hal tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis tinjauan pustaka agar penelitian ini mampu menggambarkan secara holistik disertai dengan berbagai perspektif mengenai pembelajaran diferensiasi proses melalui gaya belajar. Pengumpulan data yang ditempuh oleh peneliti dengan cara analisis hasil tes diagnostik, observasi, wawancara, dan analisis produk pembelajaran. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan analisis tes diagnostik terdapat tiga preferensi gaya belajar siswa, yakni gaya belajar (1) visual, (2) auditori, dan (3) kinestetik. Dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses, guru memberikan stimulus pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan siswa. Siswa dengan gaya belajar visual diberikan stimulus melalui poster dan slide show power point, gaya belajar auditori diberikan stimulus dengan mendengarkan materi yang diberikan guru serta siswa yang saling bergantian sebagai narasumber (tutor sebaya dan diskusi), gaya belajar kinestetik diberikan stimulus dengan menyusun puzzle dan membuat mind mapping. Hasil stimulus yang diberikan guru berdasarkan gaya belajar siswa membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, membuat siswa ikut terlibat aktif, serta menumbuhkan kreativitas siswa, sehingga siswa dapat menyerap informasi pengetahuan dengan maksimal dan mampu mengembangkan potensi kodrat yang siswa miliki.Referensi
Alhafiz, N. (2022). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di smp negeri 23 pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/946
DePorter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum learning: Unleashing the genius in you. (Cetakan ke-24 ed). Mizan Pustaka.
Dewantara K. H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Leutika.
Hasanah, R. Z. (2021). Gaya Belajar (Learning Style). Literasi Nusantara.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan siswa dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Indrawati, Bahri, S., Rusmayadi, M., Isnawan, M. G., & Pakhrurrozi, I. (2022). Pelaksanaan asesmen diagnostik: tes kepribadian siswa kelas VII di SMPN 4 Keruak. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-8. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/156/152
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2016). Daring kbbi.kemdikbud.go.id/kodrat/kamus
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.
Kriswanto, M. & Fauzi, N. B. (2023). Inovasi diferensiasi produk dengan metode alih wahana pada materi teks laporan hasil observasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 43—52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.535
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Methode. Raja Grafindo Persada.
Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukadi. (2016). Progressive Learning—Learning by spirit. Bandung: MQS Publishing.
Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. ASCD.
Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi dan asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada materi anekdot untuk siswa SMA. Semantik, 12 (1), 61-74.
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Mandiri.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Semantik
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.