ABSURDITAS DALAM KUMPULAN CERITA PADA BUKU “CERITA RAKYAT DAERAH JAWA TIMUR”

Penulis

  • Valdi Giffari Rahmayati Putra Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang
  • Tono Viono Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-Universitas Islam Malang
  • Ari Ambarwati Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p161-174

Kata Kunci:

Absurd, Absurditas, Albert Camus, Cerita Rakyat, Pemberontakan

Abstrak

 Penelitian ini berfokus pada penyelidikan absurditas yang tergambarkan pada cerita rakyat daerah Jawa Timur yang disusun oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Peneliti bertujuan untuk mengungkap gejala dan solusi dalam menghadapi absurditas. Penelitian ini menggunakan konsep absurditas berdasarkan pemikiran dari Albert Camus seperti yang digambarkan dalam mitos Sisifus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerita rakyat daerah Jawa Timur yang disusun oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Tim Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah) pada tahun 1978. Sedangkan, dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan studi Pustaka.  Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 dari 18 cerita rakyat yang mengandung absurditas, diantaranya adalah “Dongeng Tentang Burung Gagakâ€, “Asal Mula Ayam Hutanâ€, dan “Asal Mula Pohon Jati Besarâ€. Setelah Peneliti melakukan analisis data ditemukan terdapat gejala-gejala absurditas dalam cerita tersebut. Gejala-gejala absurditas ini disebabkan oleh ketidakmampuan dan konfrontasi tokoh cerita akan situasinya. Situasi yang berbeda dengan pencarian maknanya membuat absurd dalam tokoh tersebut. Solusi dalam menghadapi absurditas juga ditemukan oleh Peneliti. Dari 3 cerita rakyat yang mengandung unsur absurditas itu, Peneliti lebih banyak menemukan solusi suicide untuk menghadapi absurditas, sedangkan solusi yang valid adalah pemberontakan dan menciptakan makna itu sendiri hanya ditemukan dalam 1 cerita rakyat saja.

Biografi Penulis

Valdi Giffari Rahmayati Putra, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang

Pendidikan Bahasa Indonesia

Referensi

Adhimah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Desa Karangbong Rt. 06 Rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak 9(1). 57–62. doi: 10.21831/jpa.v9i1.31618.

Ahmadi, Y., & Kartiwi, Y. M. (2020). Strukturalisme genetik cerpen “penulis biografi” karya bode riswandi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(2), 155. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.1026

Alifah, D. R., Doyin, M., & Sumartini, S. (2018). Sikap Masyarakat Dusun Blorong Terhadap Mitos Dalam Cerita Rakyat Asal Mula Dusun Blorong Desa Kaligading Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 55-61.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/download/29817/13173/

Amaruddin, H., Isnaeni, Y. B., Waluyo, H. J., & Widodo, S. T. (2019). Cerita rakyat sunan muria: pendekatan struktural dan nilai karakter. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 150-172.

Ambarsari, T. A. B., & Andalas, E. F. (2021). Intertekstualitas novel sutra soma bahtera nusantara karya moch. indra purnama dan dhaeng sekara telik sandi tanah pelik majapahit karya agus sunyoto. Semantik, 10(2). 111-122, https://doi.org/10.22460/semantik.v10i2.p111-122

Arisa, S. A., Tang, M., & Hajrah, H. (2020). “Telaah Absurditas Alber Camus dalam novel cara berbahagia tanpa kepala karya Triskaidekaman: Tinjauan Psikoanalisis” NEOLOGIA 1(3):145–50. https://ojs.unm.ac.id/Neologia/article/view/18900

Aryati, A. (2018). “Memahami Manusia Melalui Dimensi Filsafat. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis 7(2):79. doi: 10.29300/jpkth.v7i2.1602.

Astuti, R. D. (2017). Kelayakan buku pelajaran bahasa indonesia kelas x ekspresi diri dan akademik. BASASTRA 5(2). 88–103. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/11579/0

Ayuningtiyas, R. (2019). Relasi kuasa dalam novel anak rantau karya Ahmad Fuadi: kajian teori Michel Foucault. Sarasvati, 1(1), 73-86. doi: 10.30742/sv.v1i1.657.

Azizah, B. N., & Al Anshory, A. M. (2022). Konflik Sosial Dalam Cerpen “Tepi Shire” Karya Tawakal M. Iqbal: Analisis Sosiologi Sastra. Semantik, 11(1), 1-16. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p1-16

Batubara, A., & Nurizzati, N. (2020). Struktur Dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Asal Usul Kampung Batunabontar. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1-9. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/ibs/article/view/108868

Bunga, R. D., Rini, M. M., & Serlin, M. F. (2020). Peran cerita rakyat sebagai media pembelajaran bahasa indoneisa di kabupaten ende. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 65-77. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/515

Camus, A.. (2000). Camus - The Myth of Sisyphus. edited by P. Books. England: Penguin Modern Classic.

Dasuki, M. R. (2021). Relasi antara filsafat dan bahasa. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Unpam. 1(2):162–67.

Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNS/article/view/14324

Devianty, R. (2017). Membangun Karakter Anak Melalui Sastra. Raudhah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-16.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faidah, C. N. (2018). Dekonstruksi sastra anak: mengubah paradigma kekerasan dan seksualitas pada karya sastra anak Indonesia. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 126-139.

Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2458

Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi penelitian. Banyumas: Pena Persada.

Retrieved from https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/345235/BUKU-Metodologi-Penelitian---cover.pdf

Febry, A., Panggabean, A. M., Simbolon, K. G., & Akbar, S. (2020). Kajian sosiologi sastra pada kumpulan cerpen bunga layu di bandar baru karya yulhasni. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2). doi: 10.24114/kjb.v9i2.18360.

Fikri, M. 2020. “Absurdism Depicted in Kazuo Ishiguro’s Never Let me Go”. Thesis. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. http://digilib.uinsa.ac.id/45023/

Fitriyyah, S. M. (2022). Analisis makna majas metafora yang diungkapkan pengarang pada puisi “aku ingin melukismu” karya nenden lilis aisyah. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 52-60. Retrieved from https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/216

Hariyono, Paulus, & Aryati, V.D. (2018). Relasi Manusia Dan Alam. Neo Teknika 4(2). 10.37760/neoteknika.v4i2.1224.

Jannah, M., Yacob, F., & Julianto, J. (2017). Rentang kehidupan manusia (life span development) dalam islam. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 97-114.

Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/1952

Khoiriyah, I. (2020). Gaya hidup hedonis tokoh-tokoh dalam novel antologi rasa karya ika natassa. Jurnal Sastra Indonesia, 9(1), 38-45.

Kinasih, A., Exa, H. N., Amalia, S. A., & Yulisetiyani, S. (2022). Analisis makna dan nilai moral pada puisi anak usia sekolah dasar dengan tema lingkungan. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 62-74.

Lizawati, L. (2018). Cerita rakyat sebagai sarana pendidikan karakter dalam membangun generasi literat. SeBaSa, 1(1), 19-26.

Logita, E. (2019). Analisis sosiologi sastra drama “opera kecoa” karya noerbertus riantiarno. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 47-68.

Mahardika, R. Y., & Taufik, I. N. (2023). Disfemisme pada pemberitaan korupsi di media massa daring. Semantik, 12(1), 75–88. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p75-88

Mulyadi, Y. B. (2018). Eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri berbasis pola asuh demokratis orang tua. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-33. Retrived from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/274

Munaris. (2020). “Sastra anak sebagai sarana pendidikan karakter di sekolah.” Jurnal Kata. 8 (1) 1–10.

Nugraha, D. (2021). Pembelajaran sastra di sekolah: Sebelum, selama, dan sesudah pandemi (literature learning in school: Before, during, and after pandemic). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 22(1), 37-62. doi: 10.22373/jid.v22i1.8708.

Nuraini, C. (2019). Kedidaktisan di dalam genre fiksi anak “fiksi realistik” (film pendek berseri nusa dan rara). Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(2), 141–144. https://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/view/21751

Panglipur, P. J., & Listiyaningsih, E. (2017). Sastra anak sebagai sarana pembelajaran bahasa dan sastra untuk menumbuhkan berbagai karakter di era global. FKIP e-PROCEEDING, 687-696.

Prameswari, D. S. (2017). Metafora metafora pada kumpulan cerita pendek saia karya djenar maesa ayu. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 4(1), 1-9. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/bastra/article/view/3562

Ramadhan, S. (2020). Menggali potensi dongeng tradisional jawa timur dalam menanamkan pendidikan karakter generasi z di era society 5.0. in Prosiding Webinar Nasional Pekan Ilmiah Pelajar 577–92.

retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4490

Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan Relevansinya sebagai Pembelajaran Sastra di SMA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 475-496. doi: 10.24176/kredo.v5i2.6778.

Setiawan, K. E. P., Wahyuningsih, W., Kasimbara, D. C., & Rizaldy, D. R. (2022). Kerusakan Lingkungan dalam Kumpulan Puisi Alamku Sayang Alamku Hilang Karya Suwardi. Indonesian Journal of Conservation, 11(1), 45-50. . doi: 10.15294/ijc.v11i1.37149.

Silviana, A. M., Doyin, M., & Haryadi, H. (2013). Peningkatan membaca pemahaman cerpen menggunakan strategi metakognitif dan teknik membaca retensi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2(1):1–5. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/3999

Somawati, A. V., & Wiraswastini, N. W. (2022). Mengelola pikiran, perkataan dan perbuatan di masa pandemi covid-19. Jnanasiddhanta: Jurnal Teologi Hindu, 3(2), 195-204. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jnanasidanta/article/view/2252

Sugiarti. (2021). Budaya patriarki dalam cerita rakyat jawa timur. KEMBARA 7(2):424–437.

Sutrisno, A. A., & Herwanto, A. P. (2019). Komunikasi Persuasi Eksistensi Remaja Pada Media Sosial. Efektor, 6(2), 182-192.

Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/13866

Syarifuddin, S. (2020). Dimensi humanisme dalam karya sastra al-manfalûthî (sebuah kritik sastra humanis atas karyanya “al-nadhara ̂t”). Jurnal Adabiya, 21(1), 1-20. doi: 10.22373/adabiya.v21i1.6453.

Tim Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan (1978). Cerita Rakyat Daerah Jawa Timur (B. Suwondo & A. Yunus (eds.) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. https://repositori.kemdikbud.go.id/8175/1/CERITA RAKYAT DAERAH JAWA TIMUR.pdf

Teng, H. M. B. A. (2017). Filsafat kebudayaan dan sastra. Jurnal Ilmu Budaya 5(1):69–75. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/view/2360

Wirawan, R. A N. L. & Wandani (2020). Relasi Antara Sastra Bahasa Dengan Filsafat Dan Perkembangannya Di Era Digital.

Yudari, A. K. S. (2020). Ekokritik sastra: sebuah kearifan lingkungan dalam novel “ping! a message from borneo”. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 20(1), 92-98. doi: 10.32795/ds.v20i1.646.

Yusriansyah, E. (2019). Absurditas Naskah Drama “Pelajaran” Karya Eugene Ionesco. Jurnal Sastra Indonesia. 8(1). 94–102. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/33715.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-12