PENGEMBANGAN MEDIA LITERASILIWANGI BERBASIS APLIKASI PODCAST MENUJU MAHASISWA DENGAN LITERASI UNGGUL
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p133-144Kata Kunci:
Literasi, Aplikasi Podcast, SiniarAbstrak
Kegiatan literasi di lingkungan perguruan tinggi memegang peranan yang esensial dan mendasar. Selain dari mengasimilasi dan memahami informasi yang diperoleh melalui literasi, mahasiswa juga diharapkan mampu menciptakan konten literasi sendiri. Konten ini tidak hanya berbatas pada tulisan, melainkan juga termasuk konten berbasis audio atau siaran (podcast). Proses penciptaan ini harus didukung oleh platform yang dapat menjadi wadah untuk berkreasi dan memupuk semangat berliterasi. Wadah ini seharusnya dapat menjadi tempat berbagi karya, berinteraksi, dan memberikan tinjauan terhadap konten berbasis audio, memperkaya kegiatan literasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengembangan media podcast yang dapat digunakan mahasiswa untuk meningkatkan kegiatan literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD (Reasearch and Development). Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, lembar observasi, angket, validasi produk, dan tes. Hasil validasi media terhadap pembelajaran bahasa menunjukkan persentase 95,69 % dari seluruh ahli dan praktisi. Luaran penelitian membuat kegiatan literasi di lingkungan perguruan tinggi semakin menarik, melatih mahasiswa mampu menggunakan perangkat teknologi serta memberikan ruang baru untuk mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan literasi melalui konten audio dan kondisi inilah yang menjadi dasar-dasar tercapainya literasi yang unggul di kalangan mahasiswa.Referensi
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai alternatif distribusi konten audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1).
Kencana, W. H. (2020). Platform digital siaran suara berbasis on demand: Studi deskriptif podcast di Indonesia. Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 191-207.
Kosslyn, S. M. (2017). Building the Intentional University: Minerva and the future of higher education. The MIT Press.
Morris, T., Tomasi, C., Terra, E. (2009). Podcasting for Dummies. Jerman: Wiley.
Mulyani, R. (2021). Eksplorasi terhadap kemungkinan desain podcast pendidikan tinggi di indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 381-394.
Musthafa, B. (2008). Dari literasi dini ke literasi teknologi. Jakarta: Yayasan CREST.
Myers, EJ.(2013). ICT and Physical Literacy: The use of podcast as an educational tool to promote motivation and raise attainment in development knowledge and understanding in physical education. ICSSPE, 65. International Physical Literacy Association. https://researchonline.ljmu.ac.uk/id/eprint/3696
Nugraha, D.A. (2021). Pengelolaan Platform “Podcast Ozradio” Dalam Mempertahankan Eksistensi Oz Radio 103.1 FM Bandung. Thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Popo, J. (2013). Berkreasi tanpa batas dengan ilife. Jakarta: Elexmedia Komputindo.
Pranowo. (2007). Bahasa sastra dan pengajarannya. Jakarta: Sanata Dharma University Press.
Priatna, A., & Setyarini, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147–159.
Qasim, A. N., & Fadda, A. H. (2013). From Call to Mall: The Effectiveness of Podcast on EFL Higher Education Students’ Listening Comprehension. English Language Teaching, 6(9), 30–41. https://doi.org/10.5539/elt.v6n9p30
Thiagarajan, Dorothy.S & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Saripudin, D., Ratmaningsih, N., & Anggraini, D. N. (2023). The development of podcast based learning media on social studies to improve students’ digital literacy. The New Educational Review, 71, 35-49.
Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0 mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Yogyakarta: Penerbit Genenis.
Setiyanto, S., Utomo, I. C., Dawis, A. M., Yuliati, T., Nugraha, N. B., Maniah, M., ... & Syujak, A. R. (2023). Multimedia Dan Sains Penerapan Teknologi Untuk Penelitian Dan Penyampaian Informasi. Penerbit Widina.
Setyowati, L. (2017). Pengajaran Literasi Informasi Dengan Konsep Gamification Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 39-52.
Shohwah, A.I. & Wibowo, A. (2021). Literasi Media melalui Video Podcast pada Kalangan Mahasiswa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 182-197, doi:10.46426/jp2kp.v25i2.162.
Somadi, T. J. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Baca Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Kajian Pendidikan Ilmu Ekonomi Universitas Pasundan. VI (1).
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, N. M. R. P., Pandin, M. G. R., Fadilah, N., Nuraeni, A., & Friskilla, C. Podcast “Sandiwara Sastra” as a Media for the Development of Literary Works. https://doi.org/10.31219/osf.io/crmbs
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh penggunaan podcast dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807.
Suryanti, S., & Wijayanti, L. (2018). Literasi digital: kompetensi mendesak pendidik di era revolusi industri 4.0. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9.
West, R. E. (2008). Podcasting for Learning in Universities. Open University Press.
Wono, H. Y., Supriaddin, N., Amin, F., Indriastuti, Y., & Sufa, S. A. (2023). Media sosial, literasi digital, dan inovasi bisnis trikotomi baru dalam manajemen strategi. Branding: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.