PEMBELAJARAN MELALUI ULASAN: ANALISIS KRITIS MAHASISWA TERHADAP BUKU FIKSI DAN NONFIKSI
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v13i2.p145-158Kata Kunci:
Kata Kunci: pembelajaran, ulasan, analisis kritis, surveiAbstrak
Penting bagi setiap mahasiswa memiliki pemikiran kritis dalam setiap kegiatan pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis ini dapat berpengaruh terhadap alur pikir, perilaku, dan tindakan. Pembelajaran melalui ulasan dapat memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan analisis kritis dalam kegiatan membaca dan menulis ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran ulasan terhadap analisis kritis mahasiswa pada buku fiksi dan nonfiksi, 2) mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa mengaplikasikan keterampilan analisis kritis dalam menulis ulasan buku fiksi dan nonfiksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis konten/hasil ulasan. Objek penelitian adalah data hasil teks ulasan yang ditulis oleh mahasiswa semester 1 Jurusan D4 Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Bandung. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan menulis ulasan efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap isi buku fiksi dan nonfiksi. Kegiatan ulasan meliputi lima tahap: 1) orientasi, 2) sinopsis/rangkuman, 3)analisis, 4) evaluasi, dan 5) simpulan. Adapun hasil kemampuan mahasiswa mengaplikasikan keterampilan analisis kritis menunjukkan nilai rata-rata 90,37 pada fiksi dan 84,71 pada nonfiksi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan menulis ulasan berpotensi memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan keterampilan analisis kritis bagi mahasiswa. Ke depannya, pengajar dan peneliti dapat mengeksplorasi lebih lanjut terkait cara agar setiap tahapan dapat dioptimalkan untuk hasil yang lebih baik.Referensi
Acedo, N. F. (2020). Sensory Details for Descriptive Writing. International Journal of English Language Studies, 2(4), 13–22. https://doi.org/10.32996/ijels.2020.2.4.2
Ahmadi, Y., & Fauziya, D. S. (2023). Desain Model Pembelajaran Proyek Berbantuan Obs Studio Pada Mata Kuliah Studi Wacana Berorientasi Profil Pelajar Pancasila. Semantik, 12(1), 101–113.
Azizah, I. N. (2020). Gender, Ideologi dan Kekuasaan dalam Video VICE Indonesia yang berjudul Polemik Poligami di Indonesia: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Nusa Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 15(3), 409–418.
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa/article/view/35429
Chaney, M. (2021). So you want to write a narrative review article? Journal of Cardiothoracic and Vascular Anesthesia, 35(10), 3045–3049. https://doi.org/10.1053/j.jvca.2021.06.017
Dinihari, Y., Rahmat, A., & Rohman, S. (2023). Filsafat dan ilmu pengetahuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis web. KIBAR, 148-161.
Emha, R. J., Yanti, D., & Julianti, U. (2022). Membudayakan Gerakan Literasi Sekolah dengan Pelatihan Keterampilan Menulis Resensi Karya Sastra. Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 127–137.
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas/article/view/20367
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis android dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/718
Gregory, A., & Denniss, A. (2018). An introduction to writing narrative and systematic reviews — tasks, tips and traps for aspiring authors. Heart Lung and Circulation, 27(7), 893–898. https://doi.org/10.1016/j.hlc.2018.03.027
Haryono, L., Fadhilah, A., & Daniel. (2019). Settings kontribusi online learning dalam membantu mahasiswa memahami akuntansi. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.35592/jrb.v1i1.13
Hendri, H. (2023). Kemampuan Menulis Resensi Buku Pengetahuan Siswa Kelas Ix Smp Negeri 8 Nanga Taman Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 8(1), 87–106. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/KAN/article/view/2728
Ibda, H. (2020). Peningkatan keterampilan menulis resensi buku ilmiah pada mahasiswa melalui program satu semester satu resensi (tuter tensi). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–13. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/1998
Irawan, D., Mindarta, E., Rudyanto, E., Samargdina, A., Ahmad, B., & Efendi, D. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran android praktikum transmisi mobil untuk meningkatkan kompetensi guru SMK di kota Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 3(2), 159–170.
Istighfaroh, A., Yannuar, N., & Febrianti, Y., r, N., Basthomi, Y. (2022). Little dim sum warriors: Translanguaging of Chinese and English in educational comic books for bilingual children. 3l the Southeast Asian Journal of English Language Studies, 28(3), 35–51. https://ejournal.ukm.my/3l/article/view/51869/13377
Jannah, E. M., Nuraini, L., & Ulum, M. B. (2021). Analisis scientific writing skills mahasiswa pada praktikum fisika kelistrikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 29–36. https://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/7800
Minto, D. W. (2022). Analisis wacana kritis perspektif kalimat dalam Talk Show Mata Najwa tentang UU Omnibus Law Cipta Kerja di Trans TV. Jurnal Semantik, 11(01), 111–124.
Rahmawati, H. N., Setiawan, B., & Suryanto, E. (2020). Analisis struktur wacana dan kesalahan berbahasa teks ulasan buku fiksi siswa sekolah menengah atas. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 143–152.
https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/42020
Salsabila, A. F., & Karkono, K. (2021). Unsur Elemen tak Tereduksi (Irreducible Element) Realisme Magis Dalam Novel Bumi Karya Tere Liye. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(1), 49–61. https://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/195
Saputra, A. W., Laksono, K., Mintowati, M., & Nurhadi, D. (2022). Analisis muatan tematik dalam konstruksi pembelajaran menulis pentigraf pada komunitas sastra 3 Indonesia. Klausa (Kajian Linguistik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra), 6(1), 21–36. https://doi.org/10.33479/klausa.v6i01.488
Sasmayunita, Basri, M. S., & Hakim, M. N. (2022). Membangun budaya literasi mahasiswa melalui kegiatan meresensi buku. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 780–785. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/2052
Sasmita, M. B. A., & Dermawan, T. (2021). Demitefikasi tokoh rahwana dalam kumpulan Puisi Kemelut Cinta Rahwana Karya Djoko Saryono: Tinjauan Estetika Resepsi. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 943–957. https://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/782
Sukawati, S., & Lestari, R. D. (2022). Utilization of mobile learning media in literature browsing materials to improve student essay writing skills. EProsiding - SIPB LEICon - Seminar Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 332-343.
Sukawati, S., Mustika, R. I., & Firmansyah, D. (2023). Workshop penyusunan media dan evaluasi pembelajaran berbasis ICT bagi guru bahasa Indonesia di Purwakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2019–2027. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5721
Syafrina, R., & Khotimah, N. (2022). Efektivitas Workshop Academic Writing Untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy Pada Mahasiswa Semester Akhir. Idea Jurnal Psikologi, 6(1), 29–36.
https://ejournal.undar.or.id/index.php/idea/article/view/45
The, H. Y., & Latifah. (2019). Pembelajaran dengan pengalaman langsung dan efikasi diri mahasiswa dalam menulis karya ilmiah (students’academic writing skills and self efficacy through experiential learning). Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 16(2), 201–210. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/953386
Wahono, R. H. J., Supeno, S., & Sutomo, M. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 7664–9236. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3743
Zamista, A. A., Sellyana, A., & Rahmi, H. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa. Amal Ilmiah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 126–131.
Zenab, A. S., & Sukawati, S. (2022). Studi komparasi hasil belajar mahasiswa melalui metode daring dan luring pada mata kuliah bahasa Indonesia. Semantik, 11(2), 245–256. https://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/3299.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.