PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOK
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v13i2.p293-308Kata Kunci:
Indonesian Language Teaching Materials, STEAM, Flipbook ApplicationAbstrak
Pengembangan bahan pembelajaran merupakan tuntutan yang diperlukan di masa depan, khususnya penerapan hybrid learning. Penggunaan bahan pembelajaran hybrid learning sangat urgen dilakukan untuk mengantisipasi keadaan, baik pembelajaran melalui tatap muka, pembelajaran berbasis komputer, maupun pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bahan pembelajaran berbasis STEAM dengan menggunakan aplikasi flipbook dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi proses pelaksanaan penggunaan bahan ajar yang selama ini berlangsung sebagai studi pendahuluan, proses pengembangan, observasi aktivitas siswa dan guru, penyebaran angket respons siswa dan guru dan penilaian validator. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan Uji Peningkatan Rata-rata (Gain), diketahui bahwa peningkatan rata-rata (Gain) data tes awal dan tes akhir sebesar 0,567 dan tergolong dalam kriteria sedang. Perbedaan antara rata-rata tes awal dengan tes akhir adalah 23,8. Peningkatan rata-rata menunjukkan bahwa e-buku (bahan ajar Bahasa Indonesia) berbasis STEAM efektif digunakan untuk SMA.Referensi
Aini, S. D., Tafrilyanto, C. F., Subaidi, A., & Amalia, L. (2023). Pengembangan buku ajar digital berbasis STEAM-PjBL pada mata kuliah metode numerik. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 173-185.
Anggraini, D., Dennius, Arwin, Cimas, E. S., & Wilinny. (2019). On the job training dan off the job training karyawan PT. Amir Hasan Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(1), 118–123.
Azzahra, I. S. S., & Rostikawati, Y. (2022). Pengembangan model digitalisasi rekam jejak karya sastra siswa sekolah dasar berbasis flipbook. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 6(2).
Balitbang dan Perbukuan. (2021). Capaian Pembelajaran Paud, Sd, Smp, Sma, Sdlb, Smplb, Dan Smalb Pada Program Sekolah Penggerak. Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, 161–166.
Borg & Gall. 2011. Educational Research an Introduction. New York: David McKay Company. https://archive.org/details/educationalresea00walt/page/n6/mode/1up
Diena, R., & Heri, S. (2010). Penggunaan media flash flipbook dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Informasi.
Evenddy, S. S., Hamer, W., Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2021). The development of 3d flipbook e-learning module of english mathematics profession. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012017
Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., AP, N., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar digital di kabupaten gowa. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 266–270.
Herayanti, L., Habibi, H., & Sukroyanti, B. A. (2022). Development of inquiry-based teaching materials to improve physics teacher’s conseptual understanding. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 3110–3116. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2543
Irna, I. (2019). Menumbuhkan minat baca anak usia dini melalui implementasi literasi keluarga. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 15–34.
Lestari, I. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika dengan memanfaatkan geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634
Millati, F. A., & Setyasto, N. (2023). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar ipa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 451–460. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2947
Muhasim, M. (2017). Pengaruh tehnologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
Prasetyono, R. N., & Hariyono, R. C. S. (2020). Development of flipbook using web learning to improve logical thinking ability in logic gate. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(1), 342–348. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2020.0110143
Qumillaila, Lestari, A. P., Kuboki, Y., & Hasim, F. (2022). Developing an e-flipbook on environmental education to promote digital literacy among elementary school students and teachers in rural areas in indonesia. 2022 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICISS55894.2022.9915108
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rahmawati, K. M., Prastowo, S. H. B., & Bektiarso, S. (2019). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis scientific approach untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi medan magnet di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 80–86.
Setiawan, R. R., Suwondo, & Syafii, W. (2021). Pollution in high schools. Journal of Educational Science, 5(1), 130–140.
Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., Noer, R. M., Kailani, A., Nanda, I., & Nugroho, A. G. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0 (Vol. 1). Penerbit Insania.
Usman, H., Lestari, I., Siregar, Y. E. Y., Rafiqa, S., & Sentryo, I. (2024). Flipbook and e-learning for teaching english to elementary school teacher education students. Studies in english language and education, 11(2), 919–935. https://doi.org/10.24815/siele.v11i2.35476
Widodo, C. S., & Jasmadi, S. T. P. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di SMP negeri 41 Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1865
Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 92–98. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p092.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.