ANALYSIS OF COLLEGE STUDENTS’ SPEAKING SKILL IN VIDEO PROJECT PUBLISHED ON YOUTUBE

Penulis

  • Riswan Zega UNIVERSITAS NIAS
  • Mercy Dwiyul Halawa UNIVERSITAS NIAS
  • Nesti Arni Hulu UNIVERSITAS NIAS
  • Benedikta Gulo UNIVERSITAS NIAS
  • Enjel Tris Jelita Telaumbanua UNIVERSITAS NIAS
  • Ednis Sartika Ndruru UNIVERSITAS NIAS
  • Novita Purnawirati Zai UNIVERSITAS NIAS

Kata Kunci:

Keterampilan berbicara, video proyek, youtube

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari pengunggahan proyek video di YouTube untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah 42 mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Nias. Kemudian sampel dari penelitian ini adalah 20 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Data penelitian ini berupa video yang dibuat dan diunggah oleh mahasiswa dengan tiga topik yang berbeda. Video-video tersebut diamati dan dinilai berdasarkan rubrik penilaian berbicara oleh (Helmanda, 2018). Setelah itu, skor yang diperoleh siswa dari setiap video dikategorikan. Untuk mengatasi masalah ini, para peneliti menerapkan tugas di mana siswa memiliki tugas proyek dalam mata kuliah Speaking for Formal Interaction dan mengunggah video di YouTube sebagai bagian dari tugas tersebut. Para peneliti memeriksa proyek video yang diunggah oleh mahasiswa semester dua untuk menganalisis dampak pengunggahan video terhadap peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa, dan menyimpulkan bahwa pengunggahan video di YouTube dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa. Para peneliti mencatat bahwa siswa sering kali kesulitan untuk berbicara dalam bahasa Inggris karena beberapa faktor, seperti kurangnya kepercayaan diri; rasa malu, dan takut melakukan kesalahan.

Referensi

Amalia, R., Tahrun, T., & Mulyadi, M. (2023). the Implementation of E-Learning in Teaching English At Smp Negeri 1 of Banyuasin Iii. Esteem Journal of English Education Study Programme, 6(2), 205–215. https://doi.org/10.31851/esteem.v6i2.12314

Amira, F., & Amri, Z. (2022, February). Students’ Speaking Ability on YouTube Video Project in Online Class during Covid19 Pandemic at Universitas Asahan. In 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021) (pp. 88-92). Atlantis Press.

Helmanda, C. M., & Nisa, R. (2018). Speaking Skill Assessment Techniques in Improving the English Language Skills of Muhammadiyah University Aceh Students. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 625–632.

Ilham, I., Bafadal, M. F., & Muslimin, M. (2020). An Analysis of Students’ Speaking Ability on Specific Purpose of Learning. Linguistics and ELT Journal, 7(1), 23. https://doi.org/10.31764/leltj.v7i1.1013

Kurniawan, I. (2019, January). Student’s perception on the use of youtube as a learning media to improve their speaking skill. In International Seminar and Annual Meeting BKS-PTN Wilayah Barat (Vol. 1, No. 1).

Kosterelioglu, I. (2016). Student Views on Learning Environments Enriched by Video Clips. Universal Journal of Educational Research, 4(2), 359–369. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040207

Maji, E., Samanhudi, U., & Mokoagouw, M. E. (2022). Students’ _ difficulties in speaking English: (a case study in SMKN 3 Sorong). Soscied, 5(1), 95–109.

Meinawati, E., Harmoko, D. D., & Rahmah, N. A. (2020). Increasing English speaking skills using YouTube. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1), 1-13.

Melisa, M., Abid, A., & Muhamad, F. (2023). Utilising YouTube to Facilitate English Speaking Skills Improvement among EFL Learners. Jambura Journal of English Teaching and Literature, 4(2), 85–91. https://doi.org/10.37905/jetl.v4i2.24446

Nuha, M. U., & Saputri, T. (2021). IMPROVING STUDENTS’SPEAKING SKILL THROUGH YOUTUBE VIDEO: SYSTEMATIC REVIEW. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 25-36.

Purba, N. S. (2021). A Descriptive Quantitative Study of Students’ Anxiety in Reading and Writing in Learning English at the Eighth Grade of Mts Hadharatul Islamiyah Sipispis. JADEs Journal of Academia in English Education, 2(1), 93-109.

Purwanti, N. K. R., Suwastini, N. K. A., Adnyani, N. L. P. S., & Kultsum, U. (2022). Youtube videos for improving speaking skills: The benefits and challenges according to recent research in EFL context. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(1), 66-75.

Nurhidayat, N. (2018). The Syllabus Design of ESP for The Students of Health Analyst. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 1(4), 487–495. https://doi.org/10.34050/els-jish.v1i4.5764

Savitri, D., & Ardi, H. (2021, March). Analysis of students’ speaking ability in video project at STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. In Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020) (pp. 47-50). Atlantis Press.

Zega, R., & Hulu, D. A. (2022). Increasing The Students’ Ability In Speaking English By Using Work In Pair Strategy. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 496–500.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-07