MENJEMBATANI OTAK DAN BAHASA: EKSPLORASI PERSEPSI MAHASISWA PASCASARJANA TENTANG NEUROEDUKASI DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Kata Kunci:
Neuroedukasi, Persepsi, ELTAbstrak
Neuroedukasi adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan ilmu saraf dan pendidikan untuk memahami bagaimana otak mempelajari bahasa dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan untuk meningkatkan strategi pengajaran dan pembelajaran. Dalam pengajaran bahasa Inggris, ilmu saraf dapat membantu peran otak dalam pembelajaran bahasa, perbedaan antara mempelajari bahasa lisan dan berbicara dalam bahasa lisan. Beberapa penelitian juga menunjukkan pentingnya menggunakan ilmu saraf untuk membentuk lingkungan belajar yang lebih inklusif dan efektif serta mendorong penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merangkum temuan dari penelitian tentang persepsi mahasiswa pascasarjana tentang ilmu saraf dan pendidikan dalam pengajaran bahasa Inggris. Dengan metode campuran, penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data kuantitatif dan wawancara terbuka untuk data kualitatif. Statistik deskriptif akan digunakan untuk menganalisis data kuesioner, yang memberikan gambaran keseluruhan tentang persepsi mahasiswa pascasarjana tentang Neuroedukasi. Analisis deskriptif juga akan digunakan untuk mengidentifikasi wawancara mendalam. Hasilnya mengungkapkan pengakuan akan kesadaran dan pentingnya Neuroedukasi dalam pengajaran bahasa Inggris. Dua bidang utama untuk penelitian masa depan merekomendasikan penyebaran informasi dan menetapkan isu penelitian lain yang berguna untuk pengajaran bahasa Inggris. Jadi, Neuroedukasi dianggap sebagai bidang interdisipliner yang dapat membawa inovasi dalam pengajaran bahasa Inggris.Referensi
Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124
Ansari, D., De Smedt, B., & Grabner, R. H. (2012). Neuroeducation–a critical overview of an emerging field. Neuroethics, 5, 105-117. http://doi.org/10.1007/s12152-011-9119-3
Basso, D., & Cottini, M. (2023). Cognitive Neuroscience and Education: Not a Gap to Be Bridged but a Common Field to Be Cultivated. Sustainability, 15(2), 1628. https://doi.org/10.3390/su15021628
Bhargava, A. V., & Ramadas, V. (2022). Implications of neuroscience/neuroeducation in the field of education to enhance the learning outcomes of the students. Journal of Positive School Psychology, 6502-6510.
Compagno, G., & Pedone, F. (2016). Teacher training paths between neuroeducation and professional learning community. In INTED2016 Proceedings (pp. 1743-1751). IATED. https://doi.org/10.21125/inted.2016.1366
Jorio, D. D. (2020). Synaptic Plasticity and Learning Processes: A Neuroeducation Perspective. OBM Neurobiology, 4(2), 1-7. https://doi.org/10.21926/obm.neurobiol.2002063
Fragkaki, M., Mystakidis, S., & Dimitropoulos, K. (2022). Higher education faculty perceptions and needs on neuroeducation in teaching and learning. Education Sciences, 12(10), 707. https://doi.org/10.3390/educsci12100707
Howard-Jones, P. A. (2014). Neuroscience and education: myths and messages. Nature reviews neuroscience, 15(12), 817-824. http://doi.org/10.1038/nrn3817
Immordino-Yang, M. H. (2015). Emotions, learning, and the brain: Exploring the educational implications of affective neuroscience (the Norton series on the social neuroscience of education). WW Norton & Company.
Jensen, E. (2008). Brain-based learning: The new paradigm of teaching. Corwin Press.
Jolles, J., & Jolles, D. D. (2021). On neuroeducation: Why and how to improve neuroscientific literacy in educational professionals. Frontiers in Psychology, 12, 752151. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.752151
Kuhl, P. K. (2011). Early language learning and literacy: Neuroscience implications for education. Mind, brain, and education, 5(3), 128-142. https://doi.org/10.1111/j.1751-228X.2011.01121.x
Le Cunff, A. L., Wood, H. C., Kis-Herczegh, P., & Dommett, E. J. (2024). Research Priorities in Neuroeducation: Exploring the Views of Early Career Neuroscientists and Educators. Education Sciences, 14(10), 1117.
Luzzatto, E., & Rusu, A. S. (2019). Teacher Self-Efficacy, Attitudes Toward Change And Neuroeducation Perception: Tool Package Development. 113–122. https://doi.org/10.15405/epsbs.2019.06.15
Madua, A. E. (2022). Teaching English to the rythm of the brain. Journal of Neuroeducation, 3(1). https://doi.org/10.1344/joned.v3i1.39456
Maros, M., Stapa, S. H., & Mohd Yasin, M. S. (2012). English language proficiency levels and needs of international postgraduate students: Implications and recommendations. Asian Social Science, 8(13), 181–187. https://doi.org/10.5539/ass.v8n13p181
Neuman, S. B., & Roskos, K. (1993). Language and literacy learning in the early years: An integrated approach. Harcourt Brace Jovanovich.
Pickering, S. J., & Howard‐Jones, P. (2007). Educators’ Views on the Role of Neuroscience in Education: Findings from a Study of UK and International Perspectives. Mind, Brain, and Education, 1(3), 109–113. https://doi.org/10.1111/j.1751-228x.2007.00011.x
Sahiti, Q., & Stamp, J. A. (2022). The Use of Visuals in Undergraduate Neuroscience Education: Recommendations for Educators. Teaching of Psychology, 49(3), 276–283. https://doi.org/10.1177/00986283211000326
Serpati, L., & Loughan, A. R. (2012). Teacher Perceptions of NeuroEducation: A Mixed Methods Survey of Teachers in the United States. Mind, Brain, and Education, 6(3), 174–176. https://doi.org/10.1111/j.1751-228X.2012.01153.x
Simoes, E., Foz, A., Petinati, F., Marques, A., Sato, J., Lepski, G., & Arévalo, A. (2022). Neuroscience Knowledge and Endorsement of Neuromyths among Educators: What Is the Scenario in Brazil? Brain Sciences, 12(6), 1990–2000. https://doi.org/10.3390/brainsci12060734
Sousa, D. A. (2023). Engaging the Rewired Brain. Corwin Press.
Zadina, J. (2014). Multiple pathways to the student brain: Energizing and enhancing
instruction. John Wiley & Sons.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.