ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PMRI PADA SEKOLAH DASAR KELAS II DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Ika Wahyu Anita Dosen Tetap Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p53-58.164

Keywords:

PMRI, SD/MI kelas 2

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran matematika berbasis PMRI di kelas 2 Sekolah Dasar yang menerapkan PMRI. Penelitian kualitatif untuk melihat sejauhmana kesesuaian pembelajaran yang diterapkan guru dengan kaidah-kaidah, prinsip dan karakteristik PMRI yang ada. Hal ini sebagai sarana evaluasi dan perbaikan terhadap proses pembelajaran. Dari penelitian ini akan dideskripsikan dan dicari sumber-sumber permasalahan dan kendala-kendala yang dihadapi guru selama menerapkan PMRI di kelasnya, sehingga dapat dirumuskan solusi dari permasalahan tersebut.Penelitian payung ini, difokuskan hanya pada kelas 2 Sekolah Dasar karena kelas 2 termasuk dalam kategori kelas rendah yang perlu penanganan khusus. Penelitian dilakukan di SD/MI di Kota Bandung yang menerapkan PMRI, yaitu: MIN I Cicendo, SDPN Sabang dan SD Setiabudhi. Penelitian dilakukan menggunakan data kuesioner guru, data wawancara dengan guru, observasi kelas selama pembelajaran dan dokumentasi berupa foto. Hal ini dilakukan untuk dapat mengeksplorasi info sebanyak-banyaknya. Kata Kunci: PMRI, SD/MI kelas 2  ABSTRACT This study aimed to analyze the application of mathematics learning PMRI based on grade 2 elementary schools that implement PMRI. The qualitative research to see how far the suitability of applied learning teacher with the rules, principles and characteristics of existing PMRI. It is as a means of evaluation and improvement of the learning process. This research will be described and searched the sources of the problems and constraints faced by teachers for implementing PMRI in its class, so it can formulate solutions to these problems. This umbrella research, focused only on the second grade elementary school for grade 2 are included in the category of low grade that need special handling. The study was conducted in SD / MI in Bandung, which apply PMRI, namely: MIN I Cicendo, SDPN Sabang and SD Setiabudhi. The study was conducted using a teacher questionnaire data, interview data with teachers, classroom observation during the study and documentation of photographs. This is done to be able to explore as much info. Keywords: PMRI, SD/MI Class 2

References

Depdiknas. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta. DEPDIKNAS

Rosmawati, R. (2009). Enam Tahapan Aktivitas Dalam Pembajaran Matematika Untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Makalah pada Seminar Nasional

Waraskamdi. (2008). PembelajaranMatematika. [Online]. Tersedia di http: //waraskamdi. com/ index2ni. [Akses 22 September 2011]

Published

2015-05-31