PELATIHAN PENCIPTAAN KOSTUM TARI KREASI MELALUI PEMBERDAYAAN LIMBAH SAMPAH BAGI GURU PAUD DI PURWAKARTA

Authors

  • Fifiet Dwi Tresna Santana PG PAUD IKIP Siliwangi
  • Komala Komala PG PAUD IKIP Siliwangi
  • Heris Hendriana Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p120-125.1569

Abstract

Tujuan jangka panjang dalam pengadian kepada masyarakat ini adalah untuk mengenalkan kembali nilai-nilai kearifan lokal melalui kegiatan penciptaan kostum tari kreasi serta untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang sadar akan limbah sampah, sehingga pengolahan limbah sampah menjadi barang yang berguna yakni kostum tari kreasi. Tujuan yang ingin dicapai mengoptimalkan pemberdayaan limbah sampah untuk menumbuhkembangkan kesadaran budaya (cultural awarreness), ketahanan budaya (cultural reliance) dan kecerdasan budaya (cultural intelligence) para generasi muda terhadap budayanya sendiri. Metode yang digunakan yakni penelitian dengan pendekatan Lesson Study terhadap guru-guru PAUD di Purwakarta. Observasi, wawancara serta dokumentasi akan dilakukan untuk mendapatkan data mengenai pelatihan penciptaan kostum tari kreasi. Data akan dianalisis dengan beberapa teori yang terkait: pendidikan, sosiologi, antropologi dan psikologi. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan: (1) Produk kreatif model kostum tari kreasi dari sampah limbah; (2) Terbinanya masyarakat yang sadar akan potensi local wisdom; (3) Terbinanya ketahanan budaya bangsa, (4). Terbinanya masyarakat akan sadar sampah limbah.Kata Kunci : Pelatihan, Penciptaan, Kostum Tari Kreasi, Sampah

References

Purnama, dkk. (2010). Jurnal Sains dan teknologi. Studi pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Vol. 2 Nomor 1 Januari Tahun 2010. [diunduh pada 13 Maret 2019].

S. Hadiwiyoto. (1993). Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta: Yayasan Idayu.

Soedarsono, R.M. (2002). Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Soesatyo, B. https://news.detik.com/kolom/d-3981811/generasi-milenial-dan-era-industri-40 [diunduh pada 09 Maret 2019].

Sri Subekti. (2014). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat Pendahuluan, Available at: http://www.scribd.com/doc/19229978/tulisan-bektihadini Diakses [13 Maret 20149].

Stake, Robert. (2006). Multiple Case Study Analysis. New York : The Guildford.

Downloads

Published

2019-10-31

Most read articles by the same author(s)