Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan kemampuan Bahasa dalam mengenal simbol huruf Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA Ar Ridwan Cibinong-Bogor

Penulis

  • Nihwan Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Anita Setiowati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v10i1.4659

Kata Kunci:

Language,, Recognizing Letter Symbols, Audio Visual Media, Wordwall

Abstrak

The general aim of this research is to improve students' language skills in recognizing letter symbols through Audio-visual word wall media at the ABA Ar Ridwan Cibinong Bogor Kindergarten. Based on research observations at the ABA Ar Ridwan Kindergarten, the students' language skills were low in recognizing letter symbols. To improve students' language skills in recognizing letter symbols, researchers used audio-visual wordwall media. This research used a classroom action research method conducted on 14 students. The results of this classroom action research were declared successful with a development percentage of 92.9%. By using audio visual word wall media, students' language skills in recognizing letter symbols develop very well.

Referensi

Annis Sholikha Putri, Ibrahim. (2022). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Tasik. Early Childhood: Jurnal Pendidikan Volume. 6 Nomor. 1 (2022)

Dhieeni, N dkk. (2021). Metode pengembangan bahasa. Banten : Universitas Terbuka

Eliyana. Alawiyah T. Ramzi, M. (2022). Implementasi Metode Kaamil Dalam

Stimulasi Kemampuan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Di Paud Insan Kaamil

Teniga Tanjung Lombok Utara. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala Volume. 7 Nomor 2: 2022

Hidayaty, A. Qurbaniah, M, Setiadi, A.E (2021). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Available online at:http://journal.uny.ac.id/index.php/jpip

Lestari, I. D . Riko. Lestari, F. A. P. (2022). Sosialisasi Penggunaan Games Edukasi Mengenal

Huruf Hijaiyah dengan Wordwall di TK Ar Rahmah. Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat Volume 1, No. 2, Desember 2022, hal. 118 - 126 E-ISSN: 2961 – 9637

Maisarah, Romi, Mesra, Agustina,P. dkk . Media Pembelajaran. Banten. PT. Sada Kurnia Pustaka

Marwany & Kurniawan, H.( 2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini. Hizaj Pustaka Mandiri.

Sleman Yogyakarta

Misbahayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pjok Siswa Kelas V Sd Negeri 43 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Guru: Vol. 4 No. 3 (2023)

Musthofa, Bisri (2016). Implementasi Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari (Penelitan Tindakan Kelas pada Kelas VII D di SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu). S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Nelva, Rolina and Aprilia Tina, Lidyasari and Martha, Christianti. (2013) Pengembangan Model Assessment “PLST” Untuk Mendeteksi Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. UNY Press: 2013

Neni Farida, Lina Marlina, Ida Nurhayat. (2023). Pengaruh Status Ekonomi Sosial Dengan Perkembangan Kognitif Yang Diukur Dengan Tes Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Universitas Bina Bangsa. Jurnal Anak Bangsa Volume. 2 Nomor. 2: 2023

Saputri, C A. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe everyone is A teacher Here Berbantuan Media Audio Visual (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi: UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114027-2018

Santoso,A dkk. ( 2021). Bahasa Indonesia. Banten : Universitas Terbuka

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo

Silvia1, K. S . Widiana, I. W. Wirabrata, D. G. F. ( 2021). Meningkatkan Kosakata Anak

Usia Dini Melalui Media wordwall. Volume 9, Nomor 2, pp.261-269 P-ISSN: 2613

E-ISSN: 2613-9650

Sorta Simanjuntak, Robenhart Tamba. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) T.A.2018/2019 PGSD FIP Unimed. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED: Volume. 11, Nomor 1: 2021

Sugiarti, L. (2021). Wordwall Game to Improve Early Reading Skill with the Syllable Method for The First Grade Students in Primary School.Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021 SHEs: Conference Series 4 (6) (2021) 88 – 95.

Zaman, B & Hernawan, A.H ( 2014).Media dan sumber belajar PAUD. Banten : Universitas Terbuka

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30