PENGARUH TUTUP BOTOL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Ayu Niati S Universitas Jambi
  • Hendra Sofyan universitas jambi
  • Winda Sherly Utami universitas jambi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.4002

Keywords:

Media Tutup Botol, Kemampuan Mengenal Huruf

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah media tutup botol berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada aspek mengenal simbol-simbol huruf, menuliskan huruf A-Z, dan untuk mengetahui apakah media tutup botol berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada aspek mengucapkan huruf A-Z di TK Islam Terpadu Al Muthamainnah Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah one group pre test post test design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis ini diperoleh nilai t hitung sebesar (14,442) > t tabel (2,086) t tabel didapatkan dari n-20 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 2,086. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, sehingga Hoditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh media tutup botol huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi.

References

Agustina, T. M., Afifulloh, M., & Ertanti, D. W. (2022). Penggunaan media puzzle huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas 1 SDN Sumberejo 03 Kota Baru. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 321–330.

Arifani, G. I., Mulyana, E. H., & Sumardi, S. (2020). Pengembangan media permainan sains feed the zoo animals berbantu flash card untuk memfasilitasi kemampuan mengenal huruf. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27199

Ersa, M. (2023). Pengaruh media tutup botol alfabet pintar terhadap kemampuan pra membaca anak kelompok A di TK Al Madani Indralaya. Universitas Sriwijaya.

Firdaus, M. K., & Hadayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media busy book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35719

Hidayati, E., & Muhayanto, H. (2016). Peningkatan kemampuan membilang 1-20 melalui permainan tutup botol pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal CARE, 03(02), 51–64.

Holifah, N., & Ma’ruf, A. (2019). Pengaruh penerapan media lego hijaiyah dari limbah tutup botol untuk meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah di RA miftahul huda kertosari pasuruan. Jurnal Mu’allim, 1(1), 79–94.

Permendikbud. (2014). Permendikbud 137 Tahun 2014. In Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rahma, R. F. (2021). Peningkatan motorik halus anak melalui permainan dengan media botol bekas pada siswa kelompok B di TK Universal. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Retnaningrum, W., & Lathifah, I. (2020). Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Jurnal Warna, 4(1), 65–77.

Triastuti, Y., Jayadi, Budiningsih, S., & Primadhita, Y. (2022). Media pembelajaran tutup botol untuk pendidikan anak usia dini bottle cap learning media for early childhood education. Jurnal Abdimas IPWIJA, 1(2), 6–11.

Yenti, S., & Suryana, D. (2022). Meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal angka melalui media tutup botol hias di TK Pembina 01 Tarusan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12562–12567.

Published

2023-10-17