DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE PADA KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Maiya Arisca Aminingtyas Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Triwilujeng Dyah Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rahmadhani Widyaning Tyas Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Pramesti Cahya Saputri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Katoningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v8i1p1-8.3019

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional, oleh karena itu diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara online adalah salah satu alternatif paling tepat yang dapat mengatasi masalah pandemi covid-19 saat ini. Karena pada era ini untuk menekan penyebaran virus covid-19 pembelajaran harus dilakukan dengan cara daring atau dalam jaringan. Pembelajaran daring yang dilakukan di rumah menjadi tanggung jawab orang tua dalam pengawasan terhadap anak-anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar dampak pembelajaran online terhadap kemampuan komunikasi anak usia dini. Subjek penelitian adalah siswa TK Pertiwi 02 Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan dengan metode pengamatan, wawancara, dan kuisioner. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dimana penulis merupakan instrumen utama untuk memperoleh data secara lebih rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semua orang tua telah memiliki sarana seperti laptop, smartphone, komputer, dan/atau tablet yang dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran online. (2) Adanya dampak dari kebijakan pembelajaran online pada kemampuan komunikasi anak usia dini yaitu kurangnya interaksi anak dengan orang dewasa dan teman sebaya yang mengakibatkan kemampuan komunikasi anak tidak berkembang dengan optimal. (3) pembelajaran online mendorong munculnya perilaku sosial distancing sehingga kurangnya intensitas komunikasi anak dengan teman sebaya, guru dan orang dewasa disekitarnya. Hal tersebut juga mempengaruhi anak dalam segi emosional anak yang mengakibatkan menurunkan motivasi belajar anak selama pembelajaran daring.Kata Kunci: Pembelajaran Online, Anak Usia Dini, Kemampuan Komunikasi.

References

Wiresti, Ririn Dwi. (2020). “Analisis dampak work from home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19â€. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 13.

Ulfah, M., & Na’imah. (2020). “Peran keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Diniâ€. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28. Htpps://doi.org/10.31004/aulad.v3il.46

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19â€. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Anggrawan, A. (2019). “Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online menurut Gaya Belajar Mahasiswaâ€. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.

Rahardian, D. (2017). “Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran untuk Pengajaran yang Berkualitas.†TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(1).

Daulae, T. H. (2014). “Menciptakan Pembelajaran yang Efektif.†Forum Pedagogik, 06(02), 134.

Ismaniati, C. (2013). “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.†15.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). “Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). “Qualitative Data Analysis Second Edition.†SAGE Publications.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). “Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19.†BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Hana Pebriana, P. (2017). “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Nurdin, Ode Anhusadar, L. (2021). “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697.

Nur Inten, D. (2017). “Pengembangan Ketrampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran.†Media Tor, 10(1), 109-120.

Asaas Putra, D. A. (2018, Desember 2). “PENGARUH YOUTUBE DI SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK.†Jurnal Penelitian Komunikasi, 159-172.

Muhammad Iqbal Ulil Amri, R. S. (2020, desember 2). “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan InteraksiAnak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19.†Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 14-23.

Wening Sekar Kusuma, P. S. (2021). “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak.†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 1635-1643

Rizky Nafaida, N. N. (2020, September). “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak.†jurnal penelitian, III, 57-61.

Pebriana, P. H. (2017). “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosialpada Anak Usia Dini.†jurnal obsesi, I(1), 1-11.

Rahmadhana Fitri, R. P. (2020). “Keunggulan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini.†jurnal pendidikan, 1120-1131.

Endriani, Ani. 2016. “Studi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini di TK Nurul Huda Selayar Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur.†Jurnal Kependidikan Volume 15 Nomor 2, ISSN: 2442-7667.

Ameliola, Nugraha. 2013. “Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi.†[Online] Diakses dari http://icssis.files.wordpress.com/ 2013/09/2 013-0229 pada tanggal 26 Desember 2016.

Hurlock, B. Elizabeth. 1978. “Perkembangan Anak.†Jakarta: Erlangga

Maulida, Hidayahti. 2013. “Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembang an Psikologis Anak Usia Dini.†Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang

Novitasari, Wahyu. 2016. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.†Surabaya: UNS

Simamora, Antonius SM. 2016. “Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung.†Lampung: Universitas Lampung.

Asaas Putra, D. A. (2018, Desember 2). "PENGARUH YOUTUBE DI SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK." Jurnal Penelitian Komunikasi, 159-172.

Muhammad Iqbal Ulil Amri, R. S. (2020, desember 2). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan InteraksiAnak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 14-23.

Downloads

Published

2022-05-10