Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v8i2p108-114.3175Abstract
Kurangnya penguasaan teknologi dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam pembelajaran peserta didik kurang berpartisipasi aktif, karena media pembelajaran kurang menarik dan tidak memberikan pengalaman yang konkret. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan one group pre-test post-test design untuk sampel 10 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase uji t-test dilakukan untuk menganalisis hasil pretes dan postes yaitu dengan menggunakan independent sample t-test. Peneliti menguji t-test menggunakan SPSS 22.0. Hasil awal pre-test menghasilkan tingkat ketercapaian sebesar 60,2% dan setelah perlakuan hasil post-test diperoleh tingkat ketercapaian sebesar 85,2%. Hal ini menyimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dalam proses secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan bahasaReferences
Akbar, S., A’yun, I. Q., Satriyani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & F. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Idealis, 1(5), 393–400.
Bhintari. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa. 8–29.
Cahayanti, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Media Domino Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2311
Fikri, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTI. Yogyakarta: Samudra Biru.
Gunawan & Kurniawan. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10.
Gusmawati, Tri Sayekti, L. A. (2022). PEMANFAATAN VLOG BAGI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 TAHUN. Jurnal CARE.
Lestari, N. A., & Retnoningsih, E. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada TK Al-Ikhwan Bekasi. Information Management for Educators and Professionals.
Madyawati, lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Group.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy (Vol. 58, Issue 12). Bandung: Alfabeta.
Nurgiantoro, B. (2018). Penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. UGM: PRESS.
Rahayu, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937
Sistiarini, R. D. (2021). Pengembangan Permainan Sirkuit Animove Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 46. https://doi.org/10.24235/awlady.v7i1.6837
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto. S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194