ALIH WAHANA CERITA ANAK: MAJALAH BOBO KE PODCAST DONGENG PILIHAN ORANG TUA
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v14i2.p141-160Kata Kunci:
alih wahana, cerita anak, Bobo, PodcastAbstrak
Majalah Bobo, sebagai representasi media cetak yang telah lama menjadi bagian dari literasi anak-anak, dan Podcast Dongeng Pilihan Orangtua, sebagai perwujudan media digital yang semakin populer, mewakili dua wahana berbeda yang digunakan untuk menyampaikan cerita kepada anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alih wahana cerita anak dalam Majalah Bobo dari media cetak, ke bentuk digital dalam Podcast Dongeng Pilihan Orangtua sebagai sarana menanamkan pendidikan karakter bagi anak. Sumber data penelitian ini adalah Majalah Bobo edisi Koleksi 50 Tahun Cerpen dan Dongeng dan Podcast Dongeng Pilihan Orangtua. Data penelitian ini adalah 4 Cerpen dan 6 Dongeng dalam Majalah Bobo edisi Koleksi 50 Tahun Cerpen dan Dongeng yang dialihwahanakan ke Podcast Dongeng Pilihan Orangtua. Hasil penelitian menunjukkan alihwahana cerpen dan dongeng dalam Majalah Bobo ke dalam bentuk podcast memiliki perubahan dalam pengadaptasian naskah cerita agar sesuai dengan format audio, hingga penambahan elemen suara dan ilustrasi yang memperkaya pengalaman mendengarkan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam 10 cerita anak yang dialihwahanakan tersebut adalah jujur, toleransi, disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan bertanggung jawab.
Referensi
Abidin, J. D., & Widodo, S. (2018). Pengembangan media audio berbasis podcast materi storytelling mata pelajaran bahasa inggris kelas x jurusan rekayasa perangkat lunak SMK Krian 1 Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa, 1–6.
Antara, I. G., Sudarmawan, A., & Suartini, L. (2014). Kajian semiotik desain sampul majalah bobo periode februari – April 2013. X.
Ardiansyah, N., Chanafiah, Y., & Canrhas, A. (2020). Alih wahana novel hujan bulan juni karya sapardi djoko damono ke film hbj karya reni nurcahyo hestu saputra kajian ekranisasi. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3). https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13163
Bukoting, S. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Educator : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.51878/educator.v3i2.2389
Damayanti, S., Luhur Wedayanti, N. P., & Laksmita Sari, I. A. (2020). Alih wahana cerita rakyat terjadinya pulau bali dari buku cerita bergambar menjadi anime. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 18(2). https://doi.org/10.24843/pjiib.2018.v18.i02.p10
Fatina, N. N., & Puspitasari. (2020). Digital audio technology for parenting: use of podcasts for telling stories to children. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201125.018
Gadri, H. H. Al. (2016). Analisis fungsi karakter tokoh dan nilai pendidikan karakter dalam folklor mbah sodong di kecamatan Karangtengah, kabupaten Cianjur. Semantik, 5(1).
Harpawati, T., & Sugiharto, R. A. (2021). Alih wahana relief cerita binatang di candi Sojiwan ke dalam film animasi sebagai pendidikan budi pekerti bagi anak. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 12(2). https://doi.org/10.33153/acy.v12i2.3585
Ismianto, L. W. L., Afifah, L., & Mardasari, O. R. (2023). Pembelajaran legenda Tiongkok pada mahasiswa pendidikan bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang melalui podcast teatime Chinese. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 11(1). https://doi.org/10.24036/jbs.v11i1.122535
Kariyawan, B. (2023). Minimalisir kehilangan generasi sastra melalui sastra digital dan alih wahana karya pada generasi alfa. Jurnal Lingkar Pendidikan, 2(2).
Kurniawan, H. kurniawan, Waluyo, H. J., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2018). Kepribadian Moral Ideal Anak Dalam Cerita Anak Pada Majalah Bobo Dan Harian Kompas. Lingua, 14(2).
Kusuma, A. E., & Linda, G. (2022). Multimodalitas wacana kritis keagamaan dalam komik Aji Prasetyo. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.30812/sasak.v4i2.2105
Lestari, D., & Fatonah, K. (2023). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam siniar dongeng paman gery sebagai media pembelajaran menyimak di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7513
Majalah Bobo Edisi Koleksi Terbatas 50 tahun cerpen & dongeng terbaik sepanjang masa
Mambrasar, G. I., Bunmo, N. I., Lee, C. S., Dewi, C., & Susanto, C. (2022). Metafungsi bahasa dan analisis visual film pendek “1/0 Infinity” Karya Yesheis Indonesia. SINTESA (Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains Dan Sosial Humaniora), 5(2022).
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720
Mudana, I. W. (2021). Majalah Bobo sebagai arena konstruksi sosial dalam pengembangan literasi sosial pada anak-anak. Jurnal Widya Citra, 2(1), 24–34.
Muliani, N. M. D. (2013). Pemanfaatan media cerita berbasis majalah “Bobo” untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita anak siswa kelas VII SMPK Santo Paulus Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(7). http://jakafilyamma.blogspot.com/2012/07/pengertian-cerita
Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan bahan ajar materi mencerna (menyimak cerita anak) berbasis cerita anak majalah Bobo pada siswa kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 69–83. http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Pratiwi, T. P., Yuniarti, Y., & Rakhmayanti, F. (2022). Podcast sebagai media pembelajaran keterampilan menyimak cerita dongeng bagi siswa kelas II SDN Pasirangin. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 6(2). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v6i2.59287
Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., Wilujeng, I. T., Putri, N. N., & Nafisah, D. (2023). Pemanfaatan podcast spotify sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135–143. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1588
Richert, R. A., & Schlesinger, M. A. (2022). Relations between fantasy and transfer of learning from storybooks. Journal of Experimental Child Psychology, 222. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2022.105474
Saptawuryandari, N. (2014). Cerita pendek anak dalam majalah Bobo tahun 1980‐an sebagai bacaan pendidikan karakter. ATAVISME, 17(2). https://doi.org/10.24257/atavisme.v17i2.14.254-263
Shahnaz, A., Fatima, S. T., & Qadir, S. A. (2020). ‘The myth that children can be anything they want’: gender construction in Pakistani children literature. Journal of Gender Studies, 29(4). https://doi.org/10.1080/09589236.2020.1736529
Vretudaki, H., Angeli, A., Alexiou, P., & Diamantaki, E. (2024). Reading and creating books: Bridging the distance from stories to e-stories. Journal of Early Childhood Research, 22(1). https://doi.org/10.1177/1476718X231186616
Widiyasih, M., Nazurty, N., & Nurfadilah, N. (2025). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen majalah Bobo edisi 50 tahun . Kajian Linguistik Dan Sastra, 4(2), 484–503. https://doi.org/10.22437/kalistra.v4i2.43801
Yanti, M. R., & Hartati, D. (2022). Ekranisasi novel Geez and Ann karya Nadhifa Allya Tsana. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.