PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA 5 TAHUN PENDERITA AUTISM SPECTRUM DISORDERS: TATARAN FONOLOGI

Penulis

  • Eva Rosdiana Universitas Tanjungpura
  • Patriantoro Universitas Tanjungpura
  • Khairullah Universitas Tanjungpura
  • Sesilia Seli Universitas Tanjungpura
  • Sisilya Saman Madeten Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v14i2.p261-272

Kata Kunci:

Autism Spectrum Disorders, Kesalahan Bunyi Bahasa, Pola Bunyi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menginterprestasikan pola bunyi bahasa serta jenis kesalahan bunyi bahasa yang sering dilakukan oleh anak berusia 5 tahun penderita Autism Spectrum Disorders dengan inisial ZF. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dapat memberikan pemahaman komprehensif dan wawasan yang lebih holistik dengan teknik langsung seperti wawancara tidak terstruktur yang dilakukan dengan subjek dan observasi langsung terhadap subjek, serta teknik tidak langsung dengan melakukan catatan dan rekaman yang dapat saling melengkapi untuk memastikan validitas data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah padan intralingual dan padan referensial, sehingga mampu mengungkapkan hasil dari analisis data dalam penelitian ini berupa kemampuan tuturan anak usia 5 tahun dengan Autism Spectrum Disorders (ASD) tergolong rendah dengan keterbatasan, sehingga ditemukan tiga kesalahan pola bunyi bahasa, yaitu penggantian fonem (substitution fonem), penghilangan fonem (delection fonem), dan penambahan fonem (addition fonem). Kesalahan-kesalahan ini menunjukkan adanya tantangan dalam membedakan dan memproduksi bunyi yang benar, sehingga dapat mengakibatkan kesalahpahaman dalam komunikasi dan interaksi sosial.

Referensi

Al-Muslimawi, I. A. J. (2024). Articulation defects in autistics children’s speech. Ādāb Al-Kūfaẗ, 1(62), 383–400. https://doi.org/10.36317/kja/2024/v1.i62.17035

Anggito & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Akhyaruddin., Harahap, E. P., & Yusra, H. (2020). Bahan ajar fonologi. Komunitas Gemulun Indonesia.

Baihaqi, M. L. (2011). Kompetensi fonologis anak penyandang down syndrome di SLB C Negeri 1 Yogyakarta. Widyariset, 14(1), 153–162.

Brignell, A., Williams, K., Reilly, S., & Morgan, A. (2024). Language growth in verbal autistic children from 5 to 11 years. Autism Research. https://doi.org/10.1002/aur.3171

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Farihat, W. N., & Chairuddin, C. (2020). The portrait of autism language disorder of Indonesian students (linguistics study). Scope of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(1), 58-66.

Febrileno, V., & Agustina. (2023). Karakteristik pemerolehan bahasa anak autis temper tantrum: Studi kasus anak usia 6 tahun. Lingua, 20(2), 319–338. https://doi.org/10.30957/lingua.v20i1.825

Hasugian, L., Ahmad, M. R., & Elyana, K. (2022). Analisis pola bunyi bahasa siswa penyandang down syndrome di SLB Untung Tuah Samarinda. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 5(1), 19–24. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v5i1.998

Hazimah, A., Reviel, D., Aprilia, L., & Yuhdi, A. (2024). Informasi di balik pemerolehan bahasa anak: Sebuah tinjauan mendalam. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5).

Humairah, F. R., & Alfi, F. R. (2023). Analisis pemerolehan bahasa pada anak usia 3 tahun studi kasus pada aisyah hanum syahidah. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(3), 132-140.

Kansa, L., Ningsih, A. R., Indonesia, S., & Rokania, U. (2024). Kesalahan berbahasa pada anak usia 3 tahun dalam tataran fonologi di daerah Kasimang Kasimang Kepenuhan Hilir. Jurnal Pendidikan Tabusai. 8 (2), 30606–30616.

Kistoro, H. C. H., Setiawan, C., Latipah, E., & Putranta, H. (2021). Teachers' experiences in character education for autistic children. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 65-77.

Martelli, M. E., Gigliotti, F., Giovannone, F., Lentini, G., Manti, F., & Sogos, C. (2025). Developmental patterns in autism and other neurodevelopmental disorders in preschool children. Children (Basel), 12(2), 125. https://doi.org/10.3390/children12020125

Miniscalco, C., Reinholdson, A., Gillberg, C., & Åsberg Johnels, J. (2024). Speech sound error patterns may signal language disorder in Swedish preschool children with autism. International Journal of Language & Communication Disorders. https://doi.org/10.1111/1460-6984.13099

Moleong, Lexy. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nawaz, M., Nizamani, M., & Hameed, R. (2024). Analyze how children acquire language and the cognitive processes involved, including the role of environmental and social factors. Bulletin of Business and Economics (BBE), 13(3), 239-247.

Nasledov, A., Tkacheva, L., & Miroshnikov, S. (2024). Factor structure of autism symptoms in 5-6-year-old children: Age perspective. OBM Neurobiology, 08(04), 1–35. https://doi.org/10.21926/obm.neurobiol.2404259

Pelangi, G. (2021). Kemampuan berbahasa pada anak autis ringan usia 3, 5 tahun (studi kasus autis hiperaktif). Deiksis, 13(3), 214-221.

Reznikova, E. V., Ekzhanova, E. A., Budnikova, E. S., Vasilyeva, V. S., & Kolotilova, U. V. Psychological and pedagogical support for primary school students with autism. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences.

Rotschafer, S. E. (2021). Auditory discrimination in autism spectrum disorder. Frontiers in Neuroscience, 15, 651209. https://doi.org/10.3389/FNINS.2021.651209

Sari, P. U., & Qura, U. (2023). Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi film aisyah biarkan kami bersaudara karya Jujur Prananto. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 11(3), 50–62.

https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/3147

Setyawati, N. (2013). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia teori dan praktik. Yuma Pustaka.

Sulistyowati, H., Mayasari, D., & Hastining, S. D. (2022). Pemerolehan kosa kata anak autism spectrum disorder (ASD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3091–3099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2374

Utami, K., Darmayanti, N., Amalia, R. M., & Sidiq, I. I. (2021). Pronunciation of Indonesian language consonant by students with autism in bintang harapan special needs school: A psycholingustic analysis. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2).

Vasileva, N., Boyadzhieva-Deleva, E., & Krasteva, D. (2024). A Model for assessing receptive language in preschool children. Bʺlgarski Ezik i Literatura, 66(4), 420–436. https://doi.org/10.53656/bel2024-4-6

Wang, J., Lytle, M. N., Weiss, Y., Yamasaki, B. L., & Booth, J. R. (2022). A longitudinal neuroimaging dataset on language processing in children ages 5, 7, and 9 years old. Scientific Data, 9(1), 4.

Wei, Y. (2025). A study of non-native accent correction techniques combining phonetics, machine learning and biomechanics. Molecular & Cellular Biomechanics, 22(1), 725-725.

Yusri., Mantasiah, R., & Rivai, A. T. O, (2020). Linguistik mikro: Kajian internal bahasa dan penerapannya. CV Budi Utama.

Diterbitkan

2025-09-29