MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK PADA ASPEK KOGNITIF DENGAN METODE BERCERITA

Authors

  • Farida juniarti PAUD IKIP Siliwangi
  • nopika dwi arofah PAUD IKIP Siliwangi
  • siti raf'ah azizah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p32-37.1195

Abstract

Jurnal ini disusun untuk mendeskripsikan peningkatan percaya diri anak melalui metode berceritadan pengaruhnya pada aspek kognitif. Kognitif merupakan daya nalar yang berhubungan denganfungsi yang baik dari otak dan seluruh organ tubuh yang mendukungnya. Kognitif dikenal jugadengan fungsi intelektual seseorang. Kognisi atau kognitif dalam pengaplikasiannya, dalamkehidupan sehari – hari, membutuhkan rasa percaya diri. Dengan karakter tersebut dapat membuatseseorang mempunyai kecerdasan emosi. Sayangnya semakin meningkat usia seseorang, hanyakarena pengaruh lingkungan mampu mengikis rasa percaya diri tanpa disadari. Oleh karena itudalam jurnal ini, diuraikan mengenai cara menumbuhkan, mengembangkan dan menstimulasipercaya diri pada anak oleh orang tua. Selain itu rasa percaya diri mempunyai pengaruh besar padaperkembangan aspek kognitif.Kata Kunci: kognitif, rasa percaya diri, metode bercerita

References

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Bachri. 2005. Guru dan Anak. Jakarta : Rineka Cipta.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.

S Suyanto.2005. Dasar-dasar PAUD. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Nurbianti, Dieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : UT.

Downloads

Published

2018-04-01