STRATEGI PEMBELAJARAN AUD DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DAERAH TERPENCIL

Authors

  • MARDI FITRI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Aninditya Sri Nugraheni UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v7i2p%25p.2119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran untuk anak usia dini di daerah terpencil pada masa pandemi Covid-19. Cara guru dan siswa bekerjasama dalam pengelolaan strategi pembelajaran di rumah, kendala yang mereka hadapi selama proses pembelajaran dan saat bermain di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua model strategi pembelajaran yang digunakan, yaitu: (1) Model belajar di rumah dengan ditemani orang tua, (2) Model belajar tatap muka di sekolah. Adapun kendala yang dihadapi antara lain: pemahaman yang kurang memadai tentang penggunaan teknologi, kesibukan orang tua dalam bekerja, dan kurangnya referensi dalam memilih game atau permainan.

References

Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al_Athfal, 3(1), 37–46.

Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini. Sarwahita, 14(01), 53–60.

Anita Rakhman, S. K. A. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Life Skill Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 9–17.

Aris Setiawan. (2014). Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, 1(1). Retrieved from http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Asih Nur Ismiatun. (2020). Studi Komparatif Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa dan Di kota. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 8–12.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165.

Bao W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Pedagogical Research, 5(4), 113–115.

CNN Indonesia. (2020). Studi Pertanyakan Efektivitas Penutupan Sekolah Cegah Corona. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200408103445-284-491518/studi-pertanyakan-efektivitas-penutupan-sekolah-cegah-corona

Ema Aprianti, Heni Nafiqoh, E. E. R. (2019). Metode Pembelajaran Bermain Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Di Tk Tridaya Cimahi. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 84–92.

Fitroturrohmah, M., Purwadi, & Azizah, M. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sdn Kedung 01 Jepara. Journal of Primary and Children’s Education 2, 2(2).

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviani, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang (Research Gate), (May), 1–12.

Hollingworth, S., Mansaray, A., Allen, K., & Rose, A. (2011). Parents’ perspectives on technology and children’s learning in the home: Social class and the role of the habitus. Journal of Computer Assisted Learning, 27(4), 347–360.

Ingram, M., Wolfe, R. B., & Lieberman, J. M. (2007). The Role of Parents in At-Risk Populations. ERIC, (2002), 1–19.

KBRI Hanoi. (2020). Langkah dan Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Menangani dan Menghadapi COVID-19. Retrieved from https://kemlu.go.id/hanoi/id/news/5105/langkah-danupaya-pemerintah-indonesia-dalam-menangani-dan-menghadapi-covid-19

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya. , (2003).

Khadijah, M. G. (2020). Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2).

Lenny Nuraeni, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Reggio Emilia Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Konteks Merdeka Belajar Di Taman Kanak-Kanak Kota Cimahi Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 51–62.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187.

Menheere, A., & Hooge, E. (2010). Parental involvement in children’s education : a reviewstudy about the effect of parental involvement on children’s school education with a focus on the position of illiterate parents. Journal of the European Teacher Education Network JETEN, 6, 144–157.

Miftahul Husni Nasution. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32.

Nirmala, B., & Annuar, H. (2021). Home Visit : Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212.

Permendikbud. Surat Edaran Permendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease Covid-19. , (2020).

Purwanti, F. (2013). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Universal Ananda Kecamatan Patebon Kendal. Universitas Negeri Semarang.

Rakyat.Com, P. (2020). Tanggungjawab Bersama, Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid19. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01390686/tanggungjawab-bersama-memutus-mata-rantai-penyebaran-covid-19

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133–140.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5.

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan & Konseptual, 3(2), 88–98.

Tince Dormalin Koroh, Martin Chrisani Liufeto, Y. Y. C. H. (2020). Profesionalitas Mengajar Di Daerah Terpencil. E-Prosiding (Hapemas), 1(1).

Verawardina, U., & Jama, J. (2018). Philosophy Tvet Di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(3), 104.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150.

Published

2022-04-20