APAKAH PEMBELAJARAN BERBASIS SAIN S DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI? STUDY KASUS PADA RA NURUL YASIN KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v7i2p%25p.2663Abstract
Tujuan penelitian adalalah menguji bagaimana pembelajaran sains bisa mengukru perkembangan kongnitif siswa. Sehingga dari permasalahan tersebut sehingga peneliti perlu mengetahui Apakah pelaksanaan pembelajaran berbasis sains dapat meningkatkan, berpengaruh pada kemampuan kognitif anak di RA Nurul Yasin Kabupaten Kudus. Desain/Metodologi penelitian ini dilakukan kepada 15 dieksplorasi menggunakan percobaan kegiatan dengan pengamatan. Analisis yang digunakan adalah analisis uji beda sebelum dan setelah dilakukan percobaan. Temuan tidak terdapat perbedaan antara Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di RA Nurul Yasin Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus sebelum dan sesuadah dilakukan percobaan. Keterbatasan penelitian ini adalah sulitnya mengendalikan responden yaitu berupa pengamatan kepad siswa dan sulit mendeteksi kondisi siswa.References
Ahmad Susanto ( 2011) .Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Departemen Pendidikan Nasional (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan
Husdarta dan Nurlan (2010) Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta,
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Diniâ€. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.
Nurani, Y.2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Permatasari, E. A. 2016. “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sujana. 2002 Metode Statistik Bandung : Tarsito.
Ubaidillah, U. (2020). Pengembangan Minat Belajar Kognitif Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 3(1), 58-85.
Nurani, Y. & Sujiono, B. (2010). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pembelajaran sains di era revolusi industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Zainal Aqib (2011) Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Bandung: Nuansa Aulia.
Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2015). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fisika. Edusains, 7(2), 191-201.