Kreativitas Orangtua Dalam Membangun Suasana Yang Menyenangkan Selama Belajar Dari Rumah
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v8i1p33-40.2809Abstract
Kreativitas merupakan kemampuan untuk membuat kombinasi baru, kreativitas sangat penting bagi kehidupan tanpa kreativitas tidak akan ada penemuan baru atau penemuan ilmiah. Melalui kreativitas manusia mampu melahirkan penemuan baru sehingga tercukupi kebutuhan lainnya. Penelitian dilakukan pada orangtua yang memiliki anak usia 4 - 5 tahun di Lingkungan Kampung Cihaseum RW 006 Pandeglang – Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian fenomenologis dengan kuesioner, wawancara, dan deskriptif statistic. Informan pada penelitian ini yaitu 15 orangtua. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dan wawancara dengan analisis data kuesioner. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data hasil kuesioner rata-rata kreativitas orangtua (Tidak) 30.0 % sedangkan (Ya) 80.0%. Dan hasil wawancara menunjukkan bahwa kreativitas orangtua sudah terlihat dengan beragam seperti membuat kartu angka huruf dengan bermacam warna, mengajak anak untuk bereksplor agar anak mau mengerjakan tugasnya kembali, bermain balok, mengenalkan bentuk geometri dengan menggunakan peralatan dapur yang ada dirumah, memfasilitasi kebutuhan sarana dan prasarana anak seperti meja belajar, buku-buku bergambar, dan alat tulis, mengajak anak untuk membuat sesuatu ide yang baru dari barang bekas, membuat tempat belajar yang disukai anak dengan nyaman,, membuat anak belajar dengan cara tidak monoton, dan menciptakan ruangan belajar yang aman, bersih, rapih, menarik dan menyenangkan.References
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al_Athfal, 3(1), 37–46.
Fatmawati, J. (2018). Telaah kreativitas. Universitas Airlangga, October, 0–21. https://www.researchgate.net/publication/328217424_TELAAH_KREATIVITAS
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo. Tasyri’, 27, 23–32.
Kusumawardani, Ratih. 2016. Kreativitas Mengoptimalkan Potensi Kreatif Otak Anak Melalui Kurikulum. Serang: FKIP UNTIRTA PUBLISHING
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id › index.php › warna › article › download
Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (n.d.). Pengaruh bermain pasir kinetik terhadap kreativitas anak. 6, 21–28.
Lestari, B. (2012). Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreatifitas Anak. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.629
Mulyasa, H.E. 2016. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosyad Karya.
Panjaitan, A. H., & Surya, E. (2017). Creative Thinking ( Berpikir Kreatif ) Dalam Pembelajaran. December, 5–8.
Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.
Prof. Dr. Lexy J. Moeloeng, M . (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Iman Taufik (ed.); Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Sari, I. L., Asmawati, L., & Rosidah, L. (2020). Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se-Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang-Banten. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(1), 23–34. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index
Septianingsih, N., Asmawati, L., & Sayekti, T. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
Setiyawan. (2013). Peranan Orang Tua dalam Membina Ibadah Sholat Wajib Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sunarto, S. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2348
Sugiyono (2016) Metoode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
ALFABETA
Susanto Ahmad, (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek . Jakarta :Prenada Media Group
Tindakan, P., Izzati, A. P., Serang, B., Raya, J., Km, J., & Email, S. (2013). BRAIN BASED LEARNING bangsa yang maju dan mampu. 143–162.
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Murti, S. dan heryanto. (2020). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983
Wahidin. (2019). Mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto * Email : [email protected]. 3(1), 232–245.
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Yolanda, S. (2020). Efektivitas Dongeng dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PAUD, 8.