MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p21-37.316Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi di TK Negeri Centeh terkait dengan karakter anak usia dini, terutama dalam nilai tanggung jawab, komunikatif dan kerjasama. Sebagian besar anak mengalami kesulitan memunculkan perilaku terkait dengan ketiga nilai karakter tersebut. Adapun program yang diasumsikan dapat meningkatkan nilai-nilai karakter bagi anak usia dini dan digunakan sebagai solusi dalam penelitian ini adalah metode proyek. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah terkait bagaimana penerapan metode proyek dalam meningkatkan nilai-nilai karakter anak kelompok B di TK Negeri Centeh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Elliot. Partisipan dalam penelitian ini yaitu anak di kelompok B TK Negeri Centeh dengan jumlah anak sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model Miles & Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan respon positif yang ditunjukkan oleh anak ketika pembelajaran dengan metode proyek dilaksanakan. Kemunculan perilaku anak dalam nilai tanggung jawab, komunikatif dan kerjasama pada akhir siklus mengalami peningkatan yang cuckup baik. Sebagian besar anak dapat mencapai indikator dengan kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu hendaknya pendidik mampu melaksanakan pembelajaran melalui metode proyek secara konsisiten untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak secara holistik, termasuk dalam penanaman nilai-nilai karakter bagi anak usia dini. Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Metode ProyekÂDownloads
Published
2017-05-13
Issue
Section
Manuscript