PERBEDAAN KINERJA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p38-56.317Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja mengajar yang terjadi pada guru taman kanak-kanak di kabupaten Ciamis provinsi Jawa Barat yang belum optimal. Berdasarkan studi pendahuluan, diduga guru yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana PAUD memiliki kinerja yang lebih baik daripada guru yang memiliki latar belakang pendidikan lainnya. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana gambaran kinerja mengajar guru TK di Kab. Ciamis tahun pelajaran 2015/2016 berdasarkan latar belakang pendidikannya? 2). Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja mengajar guru TK di Kab. Ciamis tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari latar belakang pendidikannya?. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan desain penelitian ex post facto pada subjek penelitian yaitu guru TK se-Kabupaten Ciamis sebanyak 275 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, kemudian analisis data yang digunakan adalah uji beda, ANOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja mengajar guru TK di Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan optimal berdasarkan latar belakang pendidikan pada aspek kebiasaan kerja secara umum, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, namun pada penilaian hasil pembelajaran menunjukkan kinerja mengajar yang belum optimal. 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja mengajar guru yang ditinjau dari latar belakang pendidikan. Kata kunci: kinerja mengajar guru, latar belakang pendidikan.Downloads
Published
2017-05-13
Issue
Section
Manuscript