EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MEMFASILITASI PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Fanny Sumirat Universitas Islam “45” Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p76-85.319

Abstract

Perubahan konseptual siswa dalam mempelajari konsep-konsep IPA di Sekolah Dasar merupakan tantangan bagi guru dalam upanya mencegah miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman serta penguasaan konsep IPA yang benar. Kepemilikan konsep IPA yang diperoleh siswa akan mengalami perkembangan dari masa kecil sampai dewasa, karena konsep-konsep itu mengalami modifikasi atau perubahan yang disebabkan karena pengalaman-pengalaman yang menyertai siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model POE dalam memfasilitasi perubahan konseptual siswa SD sehingga siswa memiliki konsep IPA dengan benar. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen yang dilakukan di SDN Cihaurgeulis II Bandung. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan seluruh siswa kelas IV. Untuk memperoleh data digunakan beberapa macam instrumen penelitian yaitu: tes konseptual, lembar observasi, angket dan wawancara. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rerata di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa test kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan nilai rata-rata dari hasil pre test. Nilai rata-rata yang diperoleh di kelas eksperimen diatas 40% dari skor nilai maksimum (100,00) yaitu 44.58 . Sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata post test dibawah 35% dari skor maksimum (100,00) yaitu 35.80. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa model POE efektif dalam memfasilitasi perubahan konseptualsiswa SD. Kata kunci: Perubahan konseptual, Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) 

Downloads

Published

2017-05-13