MELEK KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Euis Cici Nurunnisa UPI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p10-17.330

Abstract

Berbagai bentuk perilaku penyimpangan anak yang marak diberitakan saat ini salah satu penyebabnya diduga berhubungan dengan kecerdasan interpersonal anak. Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu bagian dari kecerdasan jamak yang dikemukakan oleh Gardner. Kecerdasan interpersonal seyogyanyadikembangkan sejak dini, mengingat masa usia dini adalah masa kritis untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosi. Sekolah sebagai salah satu wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara utuh, seyogyanya dapat membantu menstimulasi kecerdasan interpersonal anak. Akan tetapi, seringkali kecerdasan interpersonal luput dari perhatian praktisi pendidikan anak usia dini. Hal ini dikarenakan faktor utama yang penting dikembangkan pada anak adalah hal-hal yang bersifat akademis seperti membaca, menulis, dan berhitung. Dengan demikian, nampaknya penting untuk dikaji mengenai seberapa pentingnya kecerdasan interpersonal anak usia dini dan bagaimana upaya yang mungkin dilakukan untuk membantu anak mengembangkan kecerdasan interpersonalnya. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, anak usia dini

Downloads

Published

2017-06-06