PEMANFAATAN LAGU-LAGU POPULER DALAM PEMBELAJARAN di TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus di TK Negeri Pembina Centeh Bandung tahun ajaran 2015-2016)

Authors

  • Eva Kurnia Dewi UPI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p18-25.331

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan lagu populer yang ada dari tujuan,pemilihan lagu, cara, kapan dan pesan ketika digunakan dalam pembelajaran di TK Negeri Pembina Centeh Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis mengikuti metode dari Miles dan Hubert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat lagu populer yaitu: 1) sebagai tanda akan dimulainya kegiatan, 2) lagu disesuaikan dengan tema dan kemampuan anak, 3) mengikuti teknik mengajarkan bernyanyi, 4) disesuaikan dengan jenis kegiatan, 5) mengenal berbagai lagu populer sehingga dapat bertambahnya kosakata baru dan mengembangkan aspek perkembangan anak. Berharap banyak dari penelitian ini dapat melestarikan lagu-lagu populer anak, menjadi inspirasi bagi guru untuk mengkreasikan lagu populer lama menjadi lagu baru tanpa mengindahkan karakteristik lagu anak. 

Downloads

Published

2017-06-06