PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN OPERASI BILANGAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p105-119.645Abstract
Artikel ini mengkaji penelitian terkait dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL)dalam meningkatkan kemampuan berhitung da operasi bilangan anak usia dini. Penelitian ini bermula daripermasalahan kemampuan berhitung dan operasi bilangan anak di TK Budi Asih yang seringkali mengalamihambatan. Berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan anak dalam aspek berhitung dan operasi bilangan masih belum optimal, hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya anak yang hanya dapat menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10 tanpa memahami arti dari bilangan tersebut, anak terlihat belum mampu membilang dengan menggunakan benda, belum mampu menjumlah dengan menggunakan benda dan belum mampu melakukan pengurangan dengan benda. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan penggunaan cara yang tepat, dalam penelitian ini solusi yang digunakan yaitu model pembelajaran IBL.References
Echols, J. M. dan Shadily, H. (2005). Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia
Gulo,W. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Grasindo.
Kemmis, S. & Mctaggart, R. (2005). Participatory action research
communicative action and the public sphere, Handbook of qualitative research. London: SAGE Publications.
Kusnandar. (2007). Guru Professional Implementasi Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta:
Raja Grafindo
McNiff. J & Whitehead. J (2002). Action Research: Principles and Practice, Second Edition. USA: RoutledgeFalmer.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Professional Menciptakan
Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja
Rosda Karya Sanjaya, 2006
Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan
Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nurhadi dan Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang:Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencana Perdana Media Group
Setiasih, O. (2008). Bahan ajar diklat tenaga pendidik paud nonformal
tingkat dasar: Bermain. Bandung: Direktorat PTK PNF Dirjen PMPTK
Departemen Pendidikan Nasional dengan Universitas Pendidikan
Indonesia.
Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.
Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen.
Pendidikan Nasional.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Konstruktivis. Surabaya. Penerbit Pustaka Publisher.
Wahyudin, U., & Agustin, M. (2013). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.
Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.