PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p175-180.649Abstract
Anak-anak menghadapi masalah dan hambatan dalam kehidupan sehari-harinya, misalnya masalah berebut mainan dengan teman sebaya, kesulitan memahami aturan bermain dan lain-lain. Walaupun masalah yang mereka hadapi tidak sama dengan masalah yang dihadapi orang dewasa, anak tetap harus memiliki kemampuan problem solving yang bisa membantu mereka mengatasi masalah tersebut dengan baik, sehingga kemampuan tersebut akan terus berkembang, salah satunya dalam kemampuan kognitif. Metode pembelajaran problem solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang mencerminkan atau dilandasi oleh filsafat konstrukstivisme. Dalam pendidikan anak usia dini, metode problem solving bisa dilakukan dengan cara bermain seperti bermain maze, labirin, bermain peran, bermain balok dll.
References
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat PAUD. 2008. Perkembangan dan Belajar Anak Didik. 2005. Pekanbaru. Cendikia Insani.
Nur’aini, Farida. Edu Games For Children. Surakarta. Afra Publishing.
Roestiyah. N . K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Bina Aksara. Cet III
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lina Oktariani Utami, Indah Sari Utami, Nora Sarumpaet

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.