PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI LEUWIGAJAH 2

Kusmiati Kusmiati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran guru untuk belajar, kurangnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, kurang efektifnya KKG dan supervise Pendidikan yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran cenderung menitik beratkan pada administrasi di SD Negeri Leuwigajah 2. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja dan wawasan guru dalam pembelajaran di SD Negeri Leuwigajah 2 Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi serta untuk mengetahui ada tidaknya manfaat Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik terhadap mutu kinerja dan wawasan guru. Hasil Penelitian menunjukkan kemajuan dan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Dengan Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik mampu meningkatkan kinerja dan wawasan guru. Dari hasil penelitian ini, ditemukan beberapa hipotesis yang kebenarannya perlu dibuktikan lebih lanjut, bahwa dengan adanya Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri Leuwigajah 2 Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Penulis berharap untuk tahun-tahun berikutnya Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan dengan pelaksanaan Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik yang baik, ternyata dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.


Keywords


Meningkatkan Kinerja Guru, Supervisi Edukatif Kolaboratif



DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v6i1p73-79.1254

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.