DISCOVERY LEARNING AND COOPERATIVE LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN KIMIA DI SMK NEGERI 2 CIMAHI

Ayi Rohmat Sumirat

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan Kimia.  Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yaitu meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Cimahi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, Subjek penelitian adalah kelas XI Kimia B sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data penilaian proses pembelajaran  dengan lembar observasi , tes ulangan dan dokumen kegiatan pembelajaran. Hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) menunjukan peningkatan secara signifikan. Keberhasilan ini didukung oleh kesiapan guru dalam merancang strategi pembelajaran sehingga menarik siswa untuk belajar secara aktif , bekerjasama secara cooperative , disiplin, percaya diri, saling gotong royong , peduli dan tanggung jawab.

Kata Kunci: discovery learning, cooperative learning, prestasi belajar

 

Abstract: This research is motivated by the low student achievement in Mathematics and Chemistry subjects. The purpose of School Action Research (PTS) is to improve student learning achievement at SMK Negeri 2 Cimahi. The study was conducted in two cycles, the research subjects were class XI Chemistry B as many as 36 students. Data collection techniques Evaluate the learning process with observation sheets, tests and documents of learning activities. School Action Research Results (PTS) showed a significant increase. This success is supported by the readiness of the teacher in developing learning strategies so as to attract students to active learning, support cooperatives, discipline, self-confidence, mutual understanding, care and responsibility.

Keywords: discovery learning, cooperative learning, learning achievement


Keywords


discovery learning, cooperative learning, prestasi belajar

References


Anita Lie 2008 Cooperative Learning, Jakarta : PT Grasindo

Anita Lie, (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. PT Grasindo.

Arikunto,S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi. Jakarata : Bumi Aksara.

Elvira-yunita-utami.Penerapan Metode Dicsovery Learning pada Pembelajaran Matematika dalam Usaha Peningkatan Motivasi Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Neg 2 Pengasih Kabupatan.Kulon Progo.

Hamalik (1986) , Mengajar Azas Metoda dan Tehnik, Pustaka Martiana, Bandung.

Hanafiah, N dan Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Aditama.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembalajaran abad21. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan terbimbing. Yogyakarta: Pusat pengembangan dan Penataran guru Matematika Yogyakarta.

Mayer, Richard E, 2004, Should There Be a Three-Strikes Rule Against Pure Discovery Learning, American Psychologist Vol. 59., No.1, 14-19

Mihtahul Huda 2013, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran , Yogyakarta , Pustaka Pelajar

Mulyasa,E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya Resdakarya.

Rifa’i, Ahmad dan Anni, Catharina Tri. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang:UnnesPres

Rusman 2011, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru, Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya,W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Pers

Sudjana & Rivai (1992) Media Pengajaran , Bandung

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik, Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Vernon S. Gerlach dan Donal F, ( 2002 ) Peaching and Media Diterjemahkan oleh Aa. Karnaen,MPA.MSc, , Azas-Azas Media Pengajaran . FPIPS UPI Bandung.

Winarno Surachman,DR,( 2003 ) Dasar dan Tehnik Research pengantar Metodologi Ilmiah, CV Tasito,Bandung.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1416

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.