ANALISIS HASIL OBSERVASI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MATA KULIAH MENULIS BAHAN AJAR

Mekar Ismayani
Sary Sukawati
Aditya Permana

Abstract


Artikel ini membahas hasil observasi pengimplementasian model project based learning (PjBL) pada mata kuliah menulis bahan ajar di sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Kota Cimahi. Metode yang digunakan adalah deskriptif untuk menggambarkan hasil pengamatan observer. Instrumen yang digunakan lembar observasi langkah-langkah penerapan PjBL dan RPS yang telah disusun oleh dosen model. Pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran mulai dari pembukaan sampai evaluasi selama empat pertemuan. Sasaran penelitian ini, mahasiswa regular semester ganjil yang sedang menempuh mata kuliah menulis bahan ajar sebanyak 35 orang. Hasil observasi menunjukkan peningkatan proses pemebelajaran menulis bahan ajar mahasiswa pertemuan ke-1 adalah ketercapaian keseluruhan kegiatan mencapai 92% untuk penilaian dari observer 1 dan 85% untuk penilaian dari observer 2. Temuan-temuan dalam pertemuan ke-2 adalah ketercapaian keseluruhan kegiatan mencapai 92% untuk penilaian dari observer 1 dan 90% untuk penilaian dari observer 2. Sementara pada  pertemuan ke-3, ketercapaian keseluruhan kegiatan mencapai 96% untuk penilaian dari observer 1 dan 94% untuk penilaian dari observer 2. Dengan demikian setiap pertemuan mengalami peningkatan.

Kata Kunci: analisis hasil observasi, project based learning, menulis bahan ajar


Keywords


analisis hasil observasi, project based learning, menulis bahan ajar

References


Ikhsanudin. (2014). Model pembelajaran berbasis Proyek. Tersedia di: https://www.ekaikhsanudin.net/2014/09/model-pembelajaran-project-based.html diakses pada Februari 2019.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogyakarta: DIVA Press.

Rahmatullah, M. (2014). Definisi, sumber, fungsi, dan pentingnya bahan ajar. Tersedia di: http://media-rahmatullah.blogspot.com/2014/06/defenisi-sumber-fungsi-dan-pentingnya.html Diakses pada Februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1421

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.