PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI PADA STANDAR KOMPETENSI MENYIAPKAN SANDWICH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA NEGERI 2 CIMAHI

Subandiyah Subandiyah

Abstract


Salah satu alternatif solusi yang dapat diterapkan pada standar kompetensi menyiapkan sandwich adalah pembelajarannya dengan menggunakan metode demonstrasi. Dengan metode tersebut pembelajaran ini diharapkan dapat memposisikan guru sebagai perancang media, fasilitator dan instruktur pembelajaran sehingga siswa memiliki kesempatan untuk lebih kreatif dalam memahami dan memaknai tata boga melalui aktivitas belajar. Pengumpulan data ini diperlukan cara-cara dan teknik tertentu sehingga data dapat terkumpul dengan baik. Proses pembelajaran pada Standar Kompetensi Menyiapkan Sandwich  dengan menerapkan pembelajaran metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, karena pembelajaran metode pembelajaran demonstrasi menuntut siswa untuk aktif dalam belajar. Metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kedisiplinan siswa untuk belajar, suasana keakraban dalam belajar antar siswa maupun dengan guru, serta siswa aktif dalam proses belajarnya. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi berupa peningkatan aktivitas belajar siswa, dimana terjadi peningkatan pada siklus III sebesar  12,6 % dibandingkan siklus I, untuk aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran yang ada prakteknya pada siklus III meningkat sebesar  23,2 %  dibandingkan siklus I.

 

One alternative solution that can be applied to the competency standard in preparing sandwiches is learning using the demonstration method. With this learning method it is expected to position the teacher as a media designer, facilitator and instructor of learning so that students have the opportunity to be more creative in understanding and interpreting catering through learning activities. This data collection needs certain methods and techniques so that the data can be collected properly. Sandwich Learning with Learning Methods on Learning about Learning about Learning Materials, because learning methods Learning Movements require students to be active in learning. Demonstration learning methods can improve student discipline for learning, learning intimacy in learning between students and with teachers, and students are active in the learning process. This can be seen from the results of observations in the form of an increase in student learning activities, where there was an increase in cycle III by 12.6% compared to cycle I, for student learning activities in subjects that practice in cycle III increased by 23.2% compared to cycle I.


Keywords


Pembelajaran kooperatif, Group Investigation, Sandwich



DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1463

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.