ANALISIS THEMATIC PROGRESSION DALAM TEKS NARRATIF MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2018/2019 IKIP SILIWANGI BANDUNG

Authors

  • Sudiyono Sudiyono IKIP Siliwangi
  • Hendra Husnussalam IKIP Siliwangi
  • Silpia Rahayu IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v7i1p55-61.1619

Keywords:

Analisis, Thematic Progression, Tema, Rema, Teks

Abstract

Salah satu aspek sulit dalam menulis bagi para siswa adalah mengorganisir gagasan supaya teks yang mereka buat tetap koherens dan kohesif (Brown & Hood, 1989). Mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa, termasuk dalam hal koherensi dan kohesinya, merupakan bagian dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mengenai Bahasa Inggris (Depdiknas, 2006). Meng-assess kemampuan menulis siswa bisa melalui Analisis Thematic Progression (Theme & Rheme) yang dilakukan terhadap teks mereka (Danes, 1974). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis naratif, dilihat dari aspek pola pengembangan tematik, dari 12 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Siliwangi Bandung di semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil menunjukkan bahwa ada 110 Pola Pengembangan Tematik dalam 12 teks naratif dari para mahasiswa tersebut. Bila dihitung, Progresi Linier Sederhana (SLP) merupakan pola terbanyak pertama yang diterapkan pada teks naratif siswa di mana total kejadiannya adalah 60 (50%). Tema Konstan adalah pola terbanyak kedua dimana total kemunculannya adalah 50 (39,60%). Split Rheme Progresi merupakan pola terbanyak ketiga dimana total kemunculannya adalah 7 (4,42%). Dan pola terakhir yang paling banyak diterapkan pada teks naratif siswa adalah Derived-Hyper Theme Progress, di mana total kemunculannya adalah 5 (3,91%). Bisa disimpulkan bahwa 12 teks naratif para mahasiswa tersebut cukup bervariasi sehingga tidak monoton.

Published

2020-05-25