PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wahyu Rikha Rofikhatul Ula
Yoga Awalludin Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media Animasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V gugus Sentana. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Ternadi dan V SDN 1 Ternadi yang dipilih secara random sehingga ditentukan V SDN 1 Ternadi sebagai kelas eksperimen yang memperoleh perlakuan pembelajaran menggunakan media animasi sedangkan V SDN 2 Ternadi ditetapkan sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi dengan angka 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan rata-rata keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran. Pada kotak mean menunjukkan rata-rata keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen sebesar 92.20, sedangkan mean keterampilan berbicara siswa siswa di kelas kontrol sebesar 70.48. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa pada penggunaan media animasi yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Film Animasi, Keterampilan Berbicara, Konvensional


Keywords


Film Animasi, Keterampilan Berbicara, Konvensional

References


Diana, N. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tenggulunan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3): 257–266.

Jannah. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi terhadap Keterampilan Berbicara Kelompok A TK Nurul Huda Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (2): 64-84.

Warjiyono & Galih, W. 2014. Perancangan Animasi Interaktif Berbentuk Puzzle Guna Melatih Kecerdasan Spasial Anak. Jurnal Sains dan Manajemen. 2 (1): 52-59.

Yanti, R., Anizar, R., & Erni, M. 2016. Perkembangan Sosial Emosional Anak yang Menonton Film Animasi di Sekolah Tadika Idaman Hati Kecamatan Sawang Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. (1): 76-85.

Yulia, D., & Arifin, M. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi dalam Pembelajaran IPS terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kartini 1 Batam Tahun Ajaran 2013 / 2014". Historia, 10: 31–45.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p118-125.1944

Article Metrics

Abstract view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.