PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS BOLA VOLI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN

Engkus Kuswara

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap hasil servis pada pembelajaran bolavoli. Pemahaman siswa di SMK Negeri 2 Kota Cimahi terhadap praktek servis pada pembelajaran bolavoli terlihat sangat kurang. Hal ini ditunjukan terhadap Pre-tes Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang hanya mencapai rat-rata 1,44. Penelitian ini menyajikan strategi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga media audio visual, dimulai dengan mengamati video secara keseluruhan dan dilanjutkan memahami video dengan mempraktekan pada saat dilapangan.

Penelitian yang menggunakan penelitian tindakan kelas ini difokuskan kepada bagaimana perencanaan penggunaan alat peraga media audio visual dalam pembelajaran Penjaskes pokok bahasan  servis pada pembelajaran bolavoli pada siswa dilaksanakan pada Kelas X Mekatronika-A SMK Negeri 2 Kota Cimahi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini direncanakan dua siklus, dengan materi yang sama yakni servis pada pembelajaran bolavoli, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu : (1) Perencanaan Pembelajaran, (2) Pelaksanaan Pembelajaran, (3) Observasi serta pencatatan tindakan dan, (4) Refleksi

Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini guru sebagai peneliti di SMK Negeri 2 Kota Cimahi.

Pelaksanaan Pembelajaran, lembar observasi kegiatan pembelajaran untuk mencatat  aktivitas guru dan siswa dalam belajar, hasil belajar untuk mengukur hasil pembelajaran dengan menggunakan alat peraga media audio visual pada pokok bahasan servis pada pembelajaran bola voli.

Hasil penelitian membuktikan kebeneran hipotesis bahawa penggunaan alat peraga media audio visual dalam pemabelajaran Penjaskes pada pokok bahasan servis pada pembelajaran bolavoli di Kelas X Mekatronika-A SMK Negeri 2 Kota Cimahi dapat membantu meningkatkan pemahaman servis. Hal ini terlihat dari hasil Pre-tes dan Pos-tes. Pada siklus 1 yang semula  memiki nilai rata-rata 1,45 menjadi 2,31 dan pada siklus 2 yang semula memiliki nilai rata-rata 2,09 menjadi 2,63. Dengan demikian alat peraga media audio visual dapat dijadikan salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk mengajar Penjaskes pada servis pada pembelajaran bolavoli.di Kelas X Mekatronika-A SMK Negeri 2 Kota Cimahi.


Keywords


penggunaan media audio visual, keterampilan servis bola voli, pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakrta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahayu, G., & Arga, H. (2019). Influence of VBA-based Monopoly Game in Microsoft Excel as Teaching Material on Primary School Students' Cross-Cultural Competence in Social Studies Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 147-159. doi:https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.16935.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.1958

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.