ANALISIS PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ECOLITERACY MENGGUNAKAN MEDIA VLOG BERBANTUAN “YOUTUBE” PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hana Sakura Putu Arga IKIP Siliwangi
  • Siti Ruqoyyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v8i2p129-135.2895

Keywords:

Ecoliteracy, Vlog, YouTube, Pembelajaran IPS.

Abstract

Lingkungan merupakan suatu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena saling memiliki hubungan timbal balik. Manusia memiliki peranan penting terhadap kelangsungan kehidupan di bumi sehingga perlulah manusia memiliki pemahaman mengenai kepedulian lingkungan. Fenomena dilapangan menunjukan bahwa kerusakan lingkungan yang saat ini terjadi didominasi oleh perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan biosfik dan lebih senang memanfaatan sumber daya alam berlebihan. Melalui pembelajaran IPS guru memiliki tugas untuk menciptakan pembelajaran yang bisa memberikan pengetahuan, pemahaman serta kepedulian hingga pada aksi sosial yang dilakukan pada lingkungan. Pembelajaran IPS berbasis ecoliteracy dengan menerapkan media vlog berbantuan YouTube dapat menciptakan suasana belajar yang baru karena siswa dapat menonton video pembelajaran yang mengandung edukasi dan bisa mengajak untuk peduli lingkungan serta dapat ditonton dimana saja karena berbantuan aplikasi YouTube.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini antara lain adalah lembar observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran IPS berbasis ecoliteracy dengan menerapkan media vlog berbantuan YouTube  dapat menumbuhkan sikap ekoliterasi pada siswa, serta membuat siswa lebih senang dalam belajar karena ada media pembelajaran yang mendukung untuk siswa lebih aktif dalam belajar.

References

Arga, H. S. P., & Rahayu, G. D. S. (2019). Influence of Environment-Based Learning Materials To Improve The Ecoliteracy Of PGSD Students. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 208–218. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.17521

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Gadotti, M. (2008). Education for Sustainability: A Critical Contribution to the Decade of Education for Sustainable Development Green Theory and Praxis. The Journal of Ecopedagogy, 4(1).

Iskandar, Z. (2013). Psikologi Lingkungan Metode dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kostova, Z. (2008). Methods Of Successful Learning. Environmental Education Journal Of Theory And Practice In Education. Atasoy, E., 4(1), 49–78.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Moeleong, L. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, M. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Lokal dalam Mengembangkan Kompetensi Ekologis pada Pembelajaran IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education, 2(1), 12–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/sd.v2i1.1409

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1).

Musarofah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Bermuatan Ayat Al-Qur’an dengan Output Youtube. UIN Raden Intan Lampung.

NAfisah, D., Setyowati, D. L., BAnowati, E., & Priyanto, A. S. (2020). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Pembelajaran IPS Di Era New Normal. Seminar Nasional Pascasarjana, UNNES, 390–397.

Riza, M. A. A., Firmandhani, S. W., & Iswardhani, T. K. A. (2018). Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Sekitar Akibat Pembangunan Underpass Studi Kasus: Underpass Makamhaji, Sukoharjo. IEEE, 18(2), 97–100. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.97-100

Ruqoyyah, S., Arga, H. S. P., & Wulandari, M. A. (2021). The Effect Of Utilizing Youtube Video In Improving Mathematic Communication Skills In Basic Teacher Education. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 542–556. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8192

Sabardi, L. (2014). Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jurnal Yustisia, 3(1), 67–79.

Stone, M., & BArlow, Z. (2005). Ecological Literacy: Ecucating Our Children for a Sustainable World. San Fransisco: Sierra Club Books.

Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. G. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(1), 99–106.

Supriatna, N. (2014). Ecoliteracy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taufiq, A. (2014). Upaya Pemeliharaan Lingkungan oleh Masyarakat di Kampung Sukadaya Kabupaten Subang. Jurnal Geografi Gea, 14(2), 124–134. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3402.g2394

Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, W. (2017). The Influence of E-learning Use to Student Cognitive Performance and Motivation in Digital Simulation Course. IJIE (Indonesia Journal of Informatics Education), 1(2), 41–48.

Wjoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Panduan Pembelajaran New Normal dan Transformasi Digital. Banyumas: CV. Pena Persada.

Published

2021-11-30