PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MODEL OPEN ENDED BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN KELAS IV SD N 2 SURODADI

Authors

  • Zeni Setyanti Universitas Muria Kudus
  • Yuni Ratnasari Universitas Muria Kudus
  • Savitri Wanabuliandari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.3061

Keywords:

Kata Kunci, Blok Pecahan, Open Ended, Pemahaman Konsep Matematis.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep pecahan peserta didik kelas IV SD 2 Surodadi dengan penerapan model open ended berbantuan media balok pecahan dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru dan pemahaman konsep matematis, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model open ended berbantu media blok pecahan.  Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan model open ended siklus I mencapai 77% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81%; dan (2) keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematis dengan menerapkan model open ended pada siklus I pertemuan 1 sebesar 65% sedangkan pada siklus II sebesar 70%, dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77% serta pada pertemuan 2 sebesar 80%. Kesimpulannya adalah pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat dengan menggunakan model open ended berbantuan media blok pecahan dan keterampilan guru dalam mengajar dengan menggunakan model open ended berbantuan media blok pecahan juga mengalami peningkatan. 

References

Andriani. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 2 Bangkinang Kota. Journal for Research in Mathematics Learning. 3 (2): 125-132.

Fadlilah. (2019). Shifting Primary School Teachers’ Understanding of Songs Teaching Methods. International Journal of Education and Practice. 7 (3): 158-167.

Fitrah. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1): 51-70.

Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriani. (2018). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMAT. 3 (1): 12-21.

Muchyidin, A. (2016). “Model Matematika Kearifan Lokal Masyarakat Desa Trusmi Dalam Menjaga Eksistensi Kerajinan Batik Tulisâ€. JES-MAT. 2(1): 12-25.

Noviyana, H. (2018). Pengaruh Model Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal e-DuMath. 4 (2): 1-10.

Wanabuliandari, S., (2018). Pemecahan Konsep Matematika siSWA Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara pada Materi Perkalian Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1 (1): 67-71.

Published

2022-11-28