PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT MEMBACA CERITA JATAKA DI SMA BHAKTI KARYA KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Sri Hartini STAB Negeri Raden Wijaya
  • Urip Widodo STAB Negeri Raden Wijaya
  • Widia Darma STAB Negeri Raden Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v10i1.3737

Keywords:

gerakan literasi, minat, membaca, asosiatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat membaca cerita jataka di SMA Bhakti Karya Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Subjek penelitian adalah siswa beragama Buddha kelas 10, 11, dan 12 di SMA Bhakti Karya Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung yang berjumlah 46 siswa. Penelitian yang dilakukan tidak melakukan pengambilan sampel, sehingga keseluruhan subjek penelitian diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen penelitian ini sebelum digunakan dilakukan uji coba terlebih dahulu kepada 24 siswa tetapi bukan pada subjek penelitian yang bertujuan untuk memperoleh alat ukur yang valid dan reliabel. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai = 47,409 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 , maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel gerakan literasi sekolah atau dengan kata lain ada pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat membaca cerita jataka. 

References

Ama, R. G. T., & Widyana, R. (2021). Konsep diri membaca dan minat baca pada siswa sekolah dasar. Cognicia, 9(1), 6–10. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14882

Anwas, E. O. M., Afriansyah, A., Iftitah, K. N., Firdaus, W., Sugiarti, Y., Sopandi, E., & Hediana, D. (2022). Students’ Literacy Skills and Quality of Textbooks in Indonesian Elementary Schools. International Journal of Language Education, 6(3), 233–244. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i3.32756

Astuti, D. W., & Nelisa, M. (2021). Tingkat Minat Baca Siswa Sd Negeri 05 Kubang Putiah Melalui Penerapan Drop Everything and Read (Dear). In Jurnal Pustaka Budaya (Vol. 8, Issue 2, pp. 74–82). https://doi.org/10.31849/pb.v8i2.6721

Damaianti, V. S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher order thinking skills-based reading literacy assessment instrument: An Indonesian context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 513–525. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i2.28600

Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanto, D., & Ikhwanuddin, T. (2021). Panduan Penguatan Literasi di Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Hartati, M. (2019). Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112

Kusaladhamma, A. (2022). Untaian Dhamma Tematik. Jakarta:Yayasan Satipatthana Indonesia.

Miftachurrochmah, & Haq, M. S. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri Se-Kota Kediri. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3), 156–166.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Nihayatuzen, A., Fahrur, R., & Hidayatul, M. (2021). Pengaruh Kebijakan Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMA Al Huda Tuban. Jurnal Manajemen Pendidikan), 3(2).

Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools : Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 227–233. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279

Rita. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 104–115.

Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulandari, & Haryadi. (2020). Pengaruh Gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan keterampilan membaca siswa SMA N 1 Purworejo. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2).

Published

2023-05-30