PENERAPAN PROGRAM PENDIDIKAN GIZI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI GURU DAN APLIKASI PENDIDIKAN GIZI UNTUK ANAK USIA DINI (Studi Kuasi Eksperimen pada Guru-Guru PAUD di Kota Cimahi dan Bandung Barat)

Komala Komala, Siti Khodijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi guru, sehingga guru dapat mengaplikasikan pendidikan gizi untuk anak usia dini dengan menerapkan program pendidikan gizi berupa diklat dan pelatihan gizi bagi guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen, dengan berbentuk Non Equivalent Control Group Design. Gambaran secara umum pendidikan anak usia dini baru terbatas pada pembiasaan makan selingan pada bekal makanan anak, mewarnai gambar buah-buahan. Pendidikan gizi yang diberikan anak belum meluas pada area pembelajaran lainnya. Hasil pretest yang dilakukan terhadap pengetahuan gizi guru, untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang hampir sama yaitu berturut-turut rata-rata sebesar 20,49dan rata-rata 20,41. Setelah dilakukan program pada kedua kelompok, yakni kelompok eksperimen menggunakan program pendidikan gizi, dankelompok kontrol menggunakan program konvensional, dilakukan postest dan untuk kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 29,13 dengan standar deviasi 1,22. Sedangkan untuk hasil postest kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata Pengetahuan Gizi Guru sebesar 25,10 dengan standar deviasi 2,29. Artinya, program pendidikan gizi dapat meningkatkan pengetahuan gizi guru. Ini berarti terdapat perbedaan peningkatan Aplikasi Pendidikan Gizi guru yang signifikan antara guru memperoleh kegiatan dengan program pendidikan gizi dengan guru yang memperoleh program konvensional. Rata-rata peningkatan Aplikasi Pendidikan Gizi guru pada eksperimen yaitu 30,97 lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sebesar 20,28, selisih perbedaan tersebut sebesar 10,69.  Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan Aplikasi Pendidikan Gizi guru yang memperoleh program pendidikan gizi lebih baik dibandingkan dengan guru yang memperoleh program konvensional.

 

Kata Kunci: Pengetahuan gizi, aplikasi gizi dan pendidikan anak usia

References


Barasi, M. E. (2009). At a Glance.Ilmu Gizi.Terjemahan.Jakarta : Penerbit Erlangga.

Byrd-Bredbenner, C, et al., 2013.Wardlaw’s Perspective in Nutrition.9th Edition. New York: Mc Graw Hill.

Camber. J. 2012. Nutrition Education for Early Childhood. Madison: Wisconsin Department of Public Instruction.[Online]. Available at: http://dpi.wi.gov/fns/index.html. [Januari, 2014].

Contento, I.R. 2011.Nutrition Education.Linking Research, Theory and Practice.2nd Edition. London: Jones and Barlett Publishers, LLD.

Danim, S., Khairil.(2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi.Bandung : Penerbit Alfabeta.

Gibney,M.J., Margetts, B.M., Kearney, J.M., dan Arab, L. (2009). Gizi Kesehatan Masyarakat. Terjemahan.Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran.

McQuillan, M. K. dan G. A. Coleman.(2010). Action Guide for Child Care Nutrition and Physical Activity Policies. Best Practices for Creating a Healthy Child Care Environment.Middletown : Connecticut State Department of Education. http://www.sde.ct.gov/sde/lib/sde/PDF/DEPS/Student/NutritionEd/CCAG_Section6.pdf

Notoatmodjo. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Prastiti, W. D. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.

Santoso, S. dan Ranti, A. L. (2009).Kesehatan dan Gizi.Jakarta : PT Rineka Cipta dan PT Bina Adiaksara.

Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Edisi kedua.Terjemahan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sediaoetama. A. D. 1996. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi. Jilid I. Jakarta: Dian Rakyat.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Soekirman.(2000). Ilmu Gizi dan Aplikasinya untuk Keluarga dan Masyarakat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.

Syafiq, A., et al. (2010). Gizi dan Kesehatan masyarakat.Departemen Gizi dan Kesehatan masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suhardjo. 2003. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Pusat Antar Universitas-Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor.Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.