ANALISIS KEBUTUHAN SISWA DALAM MATERI BUKU TEKS BAHASA INGGRIS TINGKAT SMK

Sri Supiah Cahyati, Siska Rizkiani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun buku teksbahasa Inggris berdasarkan kebutuhan siswa SMK jurusan TKJ. Penelitian inji menunjukkan bahwa sumber-sumber bacaan dalam penyusunan buku teks pelajaran adalah berupa buku, jurnal, maupun artikel dari berbagai media yang dianalisa berdasarkan konten. Konten tersebut didasarkan pada kesesuian dengan kebutuhan siswa SMK jurusan TKJ, kesesuaian dengan materi dalam silabus untuk siswa TKJ Kelas X Semester 1, juga kesesuaian dengan muatan materi Bahasa Inggris yang seharusnya diajarkan pada siswa Kleas X semester 1 seperti yang terkandung dalam silabus. Dalam penelitian ini, susunan metodologi dan sistematika penulisan buku mengikuti susunan materi yang tercantum dalam silabus Bahasa Inggris untuk SMK Kelas X. Ejaan yang dipakai dalam buku teks ini mengikuti kaidah tata bahasa Inggris yang baik dan benar, atau sering dikenal dengan istilah Grammar. Kemudian, keragaman tulisan, disain, dan warna telah diterapkan dalam penyusunan buku teks pelajaran ini. Mengenai soal-soal latihan, buku teks pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas X jurusan TKJ ini berdasarkan pada beragamnya aktivitas yang termuat di dalamnya, yang diharapkan dapat mencakup keterampilan kebahasaan dalam Bahasa Inggris (Reading, Writing,Speaking, dan Listening) juga kompetensi kebahasaan (Vocabulary, Grammar, dan Pronunciation). Untuk melengkapi dan rangkuman dari setiap unit, di bagian akhir setiap unit terdapat Competency Test yang dapat dijadikan bahan evaluasi pemahaman siswa akan materi yang dibahas. Adapun mengenai gambar dan ilustrasi yang digunakan dalam buku teks pelajaran ini masih mengambil beragam gambar yang bersumber dari internet. Mengenai ukuran buku, Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas X jurusan TKJ ini menggunakan kertas ukuran A4 dengan ukuran huruf 12 berspasi tunggal.

Kata Kunci: Buku teks pelajaran, SMK, TKJ

References


Allwright, R. (1979). Language Learning Through Communication Practice. In Brumfit, C., and Johnson, K. (eds.) The Communicative Approach to Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Bada, E. & Okan, Z. (2000).Student’s Language Learning Preferences. TESL Journal Vol. 4 No.3.[Online]. Available at: http://www.writing.berkeley.edu/TESL-EJ/ej15/a1.html

Beare, K. (2011). How to Choose a Coursebook and Other Classroom Materials.[Online]. Available at: http://esl.about.com/cs/teachingresources/ht/coursebook.html. [October 27, 2011]

Bertin, B. (2003). How to Use Coursebooks.[Online]. Available at: http://www.univirtual.it .Current as of October 22, 2011.

Build Your Own. (2016). Preparing to Build Your Own PC. [Online]. Available at: http://pc.buildyourown.org.uk[April 30, 2016]

Burgen, W.A.,and Amundson, N.E. (1998). Models of Adolescents Transitions.[Online]. Available at: http://www.ecap.crc.illinois.edu. [March 8, 2013]

Cahyati, S., Rachmijati, C., Rizkiani, S. (2015). Analisis Kebutuhan Siswa dalam Materi Buku Teks Bahasa Inggris Tingkat SMK.Jurnal Penelitian Pendidikan P2M.

Dahlan, A. (2015). Kriteria Buku Teks Pelajaran. [Online]. Available at: www.eurekapendidikan.com. [December 27, 2015]

Hansen, S. (------).Eight Ways to Make Your Computer Last Longer. [Online]. Available at: www.lifehack.org[April 30, 2016]

Harmer, J. (2001).The Practice of English Language Teaching. Edinburgh: Pearson Education.

Harmer, J. (2007).How to Teach English.Longman. England.

Hutchinson, T., and Waters, A.( 1987). English for Specific Purposes: A Learner Centered Approach. Cambridge University Press.

Kavaliauskiene, G. (2003). English for Specific Purposes: Learner’s Preferences and Attitudes. Journal of Language and Learning Vol. 1 No. 1.[Online]. Available at: http://www.shakespeare.uk.net/journal/jlearn/1_1/kavaliauskiene_learn1_1.html

Nunan, D. (1988). The Learner-Centred Curriculum. Britain: Cambridge University Press.

Purwal, S.J. (2015). Don’t panic! How to fix 5 common PC emergencies.[Online]. Available at: www.pcworld.com.[April 27, 2016]

Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. UK: Cambridge University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Yochanna, M. (1997).Choosing a Course Book.[Online]. Available at: http://www.etni.org.il/etnirag/issue4/miri_yochanna.html [September 30, 2011]

Zahrias, M. (2012).Panduan Penulisan Buku Teks Pelajaran.[Online]. Available at: https://teknologipendidikankita.wordpress.com.[December 27, 2015]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.