EVALUASI KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA UNIVERSITAS KUNINGAN

Authors

  • Hartati Ratna Juwita STMIK Musirawas
  • Ida Hamidah Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v7i2.p80-89

Keywords:

literasi informasi, evaluasi, kemampuan

Abstract

Kemampuan literasi informasi mahasiswa menjadi keharusan. Cara memperoleh kebutuhan informasi yang benar-benar akurat menjadi kegiatan yang sangat penting. Kemampuan ini akan sangat mendukung kegiatan proses belajar mengajar dan menjadi sarana yang sangat penting dalam menumbuhkan daya berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksperimen. Analisis data pada penelitian ini untuk mengetahui  indikator pencapain yang dipilih oleh responden melalui statistik deskriptif secara sederhana, dimana hasil penyebaran angket akan di hitung berdasarkan jumlah frekwensi jawaban yang dipilih oleh responden dari hasil survey akan menghasilkan tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa Universitas Kuningan pada tahap: (1) pemula 27,39%; (2) menengah 43,44%; (3) ahli 21,28%; (4) maju 7,89%. Sehingga dipeoleh hasil tingkat kemampuan mahasiswa Universitas Kuningan pada katagori menengah.

References

Behrens, S. J. (1994). A concept analysis and historical overview of information literacy. College & Research Library.

Bruce, C. (2003). “Information literacy as a catalyst for educational changeâ€. Paper Commissione Leadership Conference, Prague, April 2003.

CEMA (Colorado Educational Media Association). 1996. Rubrics for the assessment of information literacy. Denver: State Library and Adult Education Office

M. Ngalim Purwanto (1994) prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas (1996) Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta; Raja Grafindo persada.

Published

2018-11-25