Pengaruh Perhatian Orang Tua Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar BTQ Di RA An-nur Al-masturiah

Penulis

  • Ai Yani Mulyani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Munajat Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alfian Ashshidiqi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v10i1.4063

Kata Kunci:

Parental attention, Learning achievement

Abstrak

Motivasi di balik penelitian ini adalah untuk menentukan dampak pertimbangan orang tua dengan tujuan akhir untuk lebih mengembangkan prestasi belajar BTQ anak-anak di RA An-nur Al-masturiah. Strategi pengujian ini menggunakan teknik kuantitatif, semi trial plan, pentingnya semi explore adalah strategi eksplorasi yang tidak memanfaatkan tugas rutin namun memanfaatkan pertemuan yang ada. Ada 30 anak dalam sampel penelitian dan 46 anak dalam populasi penelitian. Strategi pemilahan informasi dalam penelitian ini adalah dengan memanfaatkan persepsi, dokumentasi, survei. Strategi pemeriksaan informasi yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah relaps langsung. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar BTQ anak, temuan penelitian dan analisis data dapat digunakan untuk menarik kesimpulan bahwa terdapat regresi yang signifikan pada perhatian orang tua > f tabel atau 0,539 > 0,433 maka Ho ditolak (critical relaps) sedangkan Ha diakui (irrelevan relaps) Kata Kunci: pendidikan agama Islam, perhatian orang tua, dan prestasi di sekolah

Referensi

Basuki & Ulum, M. (2014). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: STAIN Po Press

Dalyono. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Emzir. (2015). Metodologi penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi aksara

Idi, A & Safarina HD. (2013). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Jalaludin. (2016). Ibu Madrasah Umat Fungsi dan Peran Kaum Ibu Sebagai Pendidik Kodrati.

Jakarta: Rineka Cipta

Kasmadi & Sunariah, NS. (2016). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Minarti,S. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teorotis-Filisofis dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah

Papalia, D. Dkk. (2014). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Priansa, DJ. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Safullah. (2015). Psikologi Perkembangan keluarga dan Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Subana, Rahadi, M. Sudrajat. (2015). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama