Pengaruh Perhatian Orang Tua Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar BTQ Di RA An-nur Al-masturiah
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v10i1.4063Kata Kunci:
Parental attention, Learning achievementAbstrak
Motivasi di balik penelitian ini adalah untuk menentukan dampak pertimbangan orang tua dengan tujuan akhir untuk lebih mengembangkan prestasi belajar BTQ anak-anak di RA An-nur Al-masturiah. Strategi pengujian ini menggunakan teknik kuantitatif, semi trial plan, pentingnya semi explore adalah strategi eksplorasi yang tidak memanfaatkan tugas rutin namun memanfaatkan pertemuan yang ada. Ada 30 anak dalam sampel penelitian dan 46 anak dalam populasi penelitian. Strategi pemilahan informasi dalam penelitian ini adalah dengan memanfaatkan persepsi, dokumentasi, survei. Strategi pemeriksaan informasi yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah relaps langsung. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar BTQ anak, temuan penelitian dan analisis data dapat digunakan untuk menarik kesimpulan bahwa terdapat regresi yang signifikan pada perhatian orang tua > f tabel atau 0,539 > 0,433 maka Ho ditolak (critical relaps) sedangkan Ha diakui (irrelevan relaps) Kata Kunci: pendidikan agama Islam, perhatian orang tua, dan prestasi di sekolahReferensi
Basuki & Ulum, M. (2014). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: STAIN Po Press
Dalyono. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Emzir. (2015). Metodologi penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi aksara
Idi, A & Safarina HD. (2013). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Jalaludin. (2016). Ibu Madrasah Umat Fungsi dan Peran Kaum Ibu Sebagai Pendidik Kodrati.
Jakarta: Rineka Cipta
Kasmadi & Sunariah, NS. (2016). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Minarti,S. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teorotis-Filisofis dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah
Papalia, D. Dkk. (2014). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Priansa, DJ. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Safullah. (2015). Psikologi Perkembangan keluarga dan Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Subana, Rahadi, M. Sudrajat. (2015). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ai Yani Mulyani, Asep Munajat, Alfian Ashshidiqi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.